LENSAINDONESIA.COM: PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang menaungi jaringan minimarket Alfamart, tahun ini meraih prestasi dengan menerima penghargaan Superbrands 2012 dalam kategori minimarket sebagai minimarket paling diminati masyarakat. Superbrands merupakan sebuah badan Intenasional yang mengevaluasi sejumlah merek dan brand positioning di lebih dari 90 negara.

CEO Superbrand International, Eamonn Sadler memberikan penghargaan tersebut ke Managing Director Alfamart Hans Prawira di Jakarta. Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim di Alfamart serta loyalitas para konsumen Alfamart.

“Ini merupakan penghargaan Superbrand ketiga bagi Alfamart. Semoga penghargaan ini dapat dijadikan motivasi bagi seluruh personil Alfamart untuk mempertahankan eksistensi dan menciptakan brand image Alfamart di mata masyarakat,” katanya.

Tahun ini, ada 200 merek ternama yang masuk dalam nominasi Superbrands 2012 salah satunya adalah Alfamart yang berada di kategori minimarket. Dengan kemenangan ini, maka Alfamart berhak menggunakan dan menampilkan logo Superbrands yang merupakan simbol internasional untuk merek-merek bergengsi.

Ada lima kriteria seleksi Superbrands, yaitu Dominasi Pasar dengan melihat apakah merek tersebut memegang saham yang signifikan dari pasar barang dan jasa. Umur panjang dengan indikator apakah merek memiliki atau menampilkan kualitas dan atribut untuk membuatnya tahan terhadap pengaruh negatif pasar (minimal 5 tahun eksistensi). Niat Baik, apakah merek pada umumnya dirasakan baik oleh konsumen dan itu diterima tanpa pertanyaan atau pemesanan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nielsen dengan metode sampling acak sistematik dan terbuka pada pertengahan 2011, nama Alfamart menjadi merek yang dipilih konsumen dalam berbelanja di minimarket.

Selain meraih penghargaan Superbrands 2012, sebelumnya Alfamart juga meraih penghargaan CSR Award pada tahun 2011 dari salah satu media nasional terkemuka. Ini merupakan satu bukti bahwa program corporate social responsibility (CSR) yang selama ini dilakukan Alfamart dapat diterima masyarakat.

Ada 6 program CSR Alfamart yang bernaung dalam satu payung besar yakni Alfamart Sahabat Indonesia di antaranya Alfamart Care (bidang sosial), Alfamart Smart (bidang pendidikan), Alfamart Sport (bidang olahraga), Alfamart clean and green (bidang lingkungan hidup), Alfamart Vaganza (bidang seni dan budaya) serta Alfamart Smesh (small medium entrepreneurs/bidang kewirausahaan). *ali