Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Walikota Samarinda Ancam Pidanakan Bos Tambang Batu Bara 

LENSAINDOENSIA.COM: Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengancam akan mempidanakan bos tambang batu bara yang ada di wilayah Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan. Pasalnya, sejumlah lahan milik Pemkot telah digunakan untuk hauling (lintasan angkut) tanpa mengantongi izin terlebih dahulu.

“Kami akan memeriksa dulu apakah hanya untuk hauling saja atau ada penambangan batu baranya. Saya juga belum terima laporan dari BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) soal lahan Pemkot yang dijadikan jalur hauling itu,” ujar Syaharie Jaang.

Bahkan, dirinya sudah memantau lahan yang bakal digunakan sebagai TPA (Tempat Pembuangan Akhir) tersebut. “Pemkot jelas meminta pertanggungjawaban kepada empat perusahaan itu,” tandasnya.

Diketahui, Kabid Aset Daerah BPKAD Samarinda, Rokhmat Wahyudi sebelumnya mengatakan, bahwa lahan Pemkot Samarinda seluas 30 hektare telah dijadikan hauling oleh 4 perusahaan batu bara. Sementara, perusahaan tambang batu bara itu memiliki izin penggunaan lahan dari Pemkot.

“Karena digunakan sebagai hauling, kita lihat kerugian Pemkot seperti apa. Selama ini, jika Pemkot salah dipidanakan. Kenapa Pemkot tak berani memidanakan kasus ini. Saya siap mempidanakan jika memang terbukti perusahaan melanggar,” tambah Walikota. *dae