LENSAINDONESIA.COM: Simulasi merupakan upaya melakukan pendekatan terhadap masalah dengan melakukan aktivitas mendekati keadaan yang sebenarnya.

Simulasi memiliki fungsi menerima peran dan tugas individu atau kelompok sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan memiliki tujuan-tujuan tertentu. Setiap simulasi yang digunakan berkaitan dengan unsur-unsur membangun motivasi dan karakter serta membangun tim yang kuat.

Sementara motivasi merupakan sebuah dorongan melakukan sesuatu baik dorongan dari dalam diri maupun dari luar. Adanya dorongan atau motivasi tersebut akan membentuk karakter seseorang dalam memperoleh apa pun yang diinginkan.

Memiliki motivasi yang baik akan membentuk karakter yang kuat, maka perlu adanya media berupa simulasi yang dapat membantu seseorang membangun motivasi dan karakter.

Dalam buku ini dijelaskan berbagai tujuan simulasi seperti membangun mental juara, menumbuhkan keyakinan, meningkatkan percaya diri, membangun optimisme, meningkatkan antusiasme dalam berbagai hal, memiliki perencanaan, melakukan persiapan diri, membangun harapan, menumbuhkan inisiatif dan kreatifitas, memiliki semangat dan solusi, meningkatkan kemampuan diri dan mampu mengevaluasi diri.

Pengantar buku: Dr H Adhyaksa Dault SH MSI
judul buku: Simulasi Dahsyat membangun Motivasi Dan Karakter
penulis: Subur Kurniawan

*ian