Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    

Kelompok Kebangsaan Deklarasikan Kembali ke Pancasila dan UUD' 45 

LENSAINDONESIA.COM: Berdalih gelisah menghadapi situasi politik di tanah air, suatu kelompok masyarakat mengatasnamakan Kelompok  Kebangsaan akan mendeklarasikan “Piagam Jembrana”. Deklarasi ini meminta agar setiap komponen bangsa kembali kepada Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Ketua Pelaksana, Sari Perhiangan Putri, latar belakang diadakannya deklarasi itu tidak terlepas dari keresahan terhadap kondisi bangsa dan negara yang akhir-akhir ini muncul beragam konflik.

“Kami kelompok kebangsaan merasa perlu mengkaji Pancasila dan UUD 1945 yang akhir-akhir ini banyak diabaikan  rakyat Indonesia. Karena itu, kami mengambil tema “Deklarasi Piagam Jembrana Kembali Menjadi Bangsa Indonesia”, Kembali pada Pancasila dan UUD 1945,” jelasnya di Bakoel Cafe Jakarta, Kamis (01/03/12).

Sari mengungkapkan, dengan dilupakannya nilai-nilai Pancasila seperti yang diamanahkan para pendiri bangsa ini dan tidak  dilaksanakannya UUD 1945, bangsa ini memiliki beragam persoalan.

“Tidak dilaksanakannya Pancasila, tidak menjalankan Undang-undang  Dasar 1945 sesuai yang ditetapkan tahun 45, maka kita jadi bangsa yang memiliki berbagai isu dan banyak sekali permasalahan,” ungkapnya.

Ia mencontohkan dirubahnya Pasal 1 ayat (2) UUD 1945 menunjukkan hilangnya kedaulatan rakyat.  “Pasal ini kan dirubah, lalu apa yang terjadi, money politik di mana-mana. Rakyat tidak memiliki kedaulatan,” imbuhnya.

Sari juga menegaskan acara yang digagas kelompoknya ini tidak ditumpangi kelompok politik mana pun, kelompok LSM, NGO atau perusahaan.

“Ini murni swadaya dari masyarakat yang ingin mempersembahkan pemikiran untuk kedaulatan bangsa dan negara Indonesia,”  tegasnya.

Sari mengungkapkan acara tersebut akan berlangsung selama dua hari, yaitu 3-4 Maret 2012. Acara akan diisi dengan diskusi-diskusi dan  dihadiri para pembicara dari berbagai kalangan.

Hari pertama, lebih fokus pada aspek sejarah, filsafat, dan budaya. Hari kedua, pendalaman Pancasila dan UUD 1945 yang  kemudian ditutup dengan pendeklarasian Piagam Jembrana. @hidayat