Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE HEALTH

Hati-hati, Wanita Perokok Mudah Terserang Menopause 

LENSAINDONESIA.COM: Wanita perokok berpotensi mengalami menopause lebih cepat daripada mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa menopause dini bisa mempengaruhi risiko perkembangan tulan dan penyakit jantung.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Menopause Journal, yaitu kumpulan data dari beberapa studi sebelumnya, melibatkan 6.000 responden wanita di Amerika Serikat, Polandia, Turki, dan Iran.

Wanita yang tidak merokok rata-rata mencapai menopause antara usia 46 – 51 tahun. Sementara wanita yang merokok, menopaue terjadi lebih cepat antara usia 43 – 50 tahun.

Mencegah menopause dini

Selama menopause, indung telur berhenti memproduksi telur. Oleh karena itu, wanita menopause tidak bisa lagi hamil. “Hasil penelitian kami membuktikan bahwa merokok memiliki hubungan yang signifikan dengan terjadinya menopause. Kami menyarankan agar wanita menghindari kebiasaan ini,” kata Volodymyr Dvornyk, peneliti dari Universitas Hong Kong, seperti dilaporkan oleh Reuters.

Mencegah menopause diniDvornyk dan teman-temannya menganalisis wanita berusia 50 atau 51 tahun yang mengalami menopause terlambat atau lebih awal. Dari 43.000 responden, ternyata 43% adalah perokok. Hal ini menunjukkan jumlah yang mengalami menopause dini dibandingkan wanita non perokok.

Menurut Jennie Kline, ahli epidemiologis dari Columbia University’s Mailman School of Public Health di New York, mengatakan ada dua teori mengapa merokok dapat menyebabkan menopause dini. Merokok memiliki efek bagaimana tubuh wanita membuat atau mengesampingkan penggunaan estrogen. Beberapa peneliti juga mempercayai bahwa komponen pada asap rokok bisa membunuh telur.

Sayangnya, tim Dvornyk tidak memiliki informasi berapa lama para wanita itu merokok dan berapa banyak rokok yang dikonsumsi sehari. Jadi tim peneliti tidak bisa menentukan bagaimana faktor-faktor mempengaruhi usia menopause. @duma_jkt

Baca Juga:  Polrestabes Surabaya gelar patroli skala besar amankan Natal dan tahun baru