Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
PASUTRI

Jangan Pernah Kesepian Jadi Single Parent 

LENSAINDONESIA.COM: Untuk single moms Menjadi seorang single parent memang hal yang tidak mudah dilakukan. Namun, dengan keyakinan, kesabaran dan kepintaran, mendidik dan membesarkan anak akan menjadi suatu hal yang mudah dan menyenangkan.

Dalam membesarkan dan mendidik anak seorang diri, anda perlu meyakini bahwa anda bisa. Keyakinan tersebut akan dapat membantu anda lebih banyak daripada yang anda bayangkan. Bila anda merasa tidak bisa, maka yang terjadi adalah memang tidak bisa, begitu pula sebaliknya.

Keyakinan membuat apa yang anda pikirkan menjadi kenyataan. Besarkan anak secara multitask, yakni membesarkan anak dengan melakukan banyak tugas dan peran dalam suatu waktu yang bersamaan. Baik sebagai pengganti ayah, sebagai ibu ataupun sebagai seorang sahabat.

Dengan demikian, anak anda tidak merasa kekurangan kasih sayang dari ayah dan ibu sehingga dapat membantu mereka lebih dewasa dan berkembang secara benar.

Berikut ini beberapa tips membesarkan anak secara multitask:

1. Sadarilah bahwa ada perbedaan usia di antara anda dengan anak sehingga ada perbedaan cara berpikir atau menanggapi dan memandang sebuah masalah. Jangan membawa emosi yag berlebihan kepada anak karena anak semakin susah untuk diatur. Berikanlah pandangan anda mengenai hal yang baik dan hal yang buruk, hal yang harus dikerjakan dan yang tidak.

2. Jangan suka mengeluh mengenai kehidupan anda yang merupakan single parent kepada anak karena membuat anak menjadi minder dan tidak mematuhi apa yang anda katakan. Lakukan dengan hati yang lapang dan menyenangkan sehingga anak menjadi lebih percaya diri meskipun dengan keadaan keluarga yang tidak lengkap.

3. Ajak anak berkomunikasi secara rutin dan sesering mungkin. Libatkan mereka dalam beberapa tanggung

Baca Juga:  Wagub Emil Dardak jadi Ketua IPHI Jatim

jawab di rumah sehingga mereka mengetahui pentingnya diri mereka di mata anda.
Perlakukan mereka seperti sahabat anda, seperti teman kos anda di rumah meskipun kadangkala anda wajib menegur mereka untuk memberi pengarahan kepada mereka mengenai hal yang baik dan yang buruk.

4. Ajak mereka berekreasi sekali waktu. Luangkan waktu kerja anda dengan mengatur waktu untuk kerja dan untuk bersantai bersama dengan anak anda. Anda dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk mengajak teman ikut bersama anda dan anak jika mereka menginginkannya.

5. Bila memungkinkan anda dapat menyewa seorang pengasuh yang terpercaya jika anda sedang lembur di kantor untuk membantu anda mengawasi dan menjaga anak anda di rumah. Libatkan saudara, teman dan sahabat untuk membantu anda dalam mengasuh sesekali waktu. @mk_nbn