LENSAINDONESIA.COM: Semangat memperingati Hari Kartini, menginspirasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya untuk menggelar pameran kerajinan Supercraft Show 2012 di Atrium Supermal Pakuwon. Pameran kali ini diikuti oleh 35 UKM (usaha kecil menengah) anggota Dekranasda Surabaya.

“Saat ini, sudah banyak sekali UKM yang dimotori oleh perempuan. Namun demikian, peran suami dan keluarga dibalik kesuksesan kaum hawa merintis usahanya tak bisa dikesampingkan,” ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, kala membuka pameran tersebut, Kamis (19/4).

Wali kota juga menyatakan, kerjasama yang dilakukan Dekranasda dengan sejumlah pusat perbelanjaan beberapa waktu terakhir terbukti mampu mendorong geliat UKM-UKM di Surabaya. Mereka memanfaatkan event-event semacam ini untuk mempromosikan produknya. Bahkan, imbuh wali kota, tak sedikit yang sudah mampu menembus pasar internasional.

“Meski sudah berhasil mengekspor produknya ke luar negeri, jangan pernah puas dan tetaplah belajar. Dengan begitu, anda akan terus berkembang,” pesan Risma.

Ketua Dekranasda Surabaya Antiek Sugiharti menuturkan, pameran diselenggarakan hingga Minggu (22/4). Kesempatan tersebut akan dimanfaatkan para peserta untuk memamerkan beragam produknya seperti asesoris, hiasan dekorasi rumah, bunga kering, batik fashion, aroma terapi dan berbagai kerajinan lainnya.

Di sela-sela kegiatan pameran akan diisi talkshow, yakni pada Jumat (20/4) pukul 13.00 WIB dengan tema Say No To Trafficking. Keesokan harinya, Sabtu (21/4) pukul 11.00 WIB juga diadakan kegiatan serupa yang bertema Jadi Wanita Wirausaha, Semua Bisa!!! Dengan narasumber Roni Mustamu serta testimoni dari pemilik Coffee Toffee.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menggugah jiwa Kartini dan meningkatkan jiwa kewirausahaan pada generasi muda,” pungkas Antiek yang juga Kabapemas & KB Surabaya ini.@wan