LENSAINDONESIA.COM: Nokia meneruskan komitmennya untuk memperkuat ekosistem pengembang aplikasi. Yakni, dengan menarik para pengembang dan konsumen dalam menciptakan konten yang relevan dan menarik untuk sistem operasi perangkat Nokia yaitu S40 dan Microsoft Windows Phone.

Berkolabosari dengan Rovio, Nokia telah menyelesaikan proses penjurian untuk memilih pengembang aplikasi yang berhasil dalam Nokia Asha Apps Challenge, sebuah kompetisi bagi para pengembang aplikasi untuk memberikan ide bertema Indonesia di aplikasi Angry Birds, untuk seri Nokia Asha.

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah unik yaitu kesempatan magang dan belajar di kantor Rovio di Finlandia selama seminggu.

Program yang pertama kalinya diadakan ini diluncurkan di awal tahun ini bersamaan dengan peluncuran Nokia Asha 300. Nokia dan Rovio menantang para pengembang aplikasi untuk membuat versi Indonesia dari game Angry Birds. Para pengembang aplikasi diberi waktu 30 hari untuk membuat dan mengirimkan game mereka. Aplikasi yang berhasil menjuarai kompetisi ini, Klepon Stack sekarang sudah tersedia di Nokia Store

“Bisnis kami mensyaratkan kami untuk berfokus dalam adanya aplikasi yang tepat dengan kualitas terbaik untuk meningkatkan pengalaman pengguna di semua perangkat Nokia. Karena itu, adalah sebuah hal yang logis bagi kami untuk mendukung dan memupuk industri software lokal di Indonesia, dan mendorong mereka untuk go international dan menciptakan berbagai peluang bisnis yang sempurna. Untuk mencapai hal ini, kami bekerja sama dengan berbagai universitas, komunitas, mitra, operator dan pemerintah Indonesia,” kata Martin Chirotarrab, President Director, Nokia Indonesia.

Kemitraan Nokia dan Rovio dalam Nokia Asha Apps Challenge mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Nokia Store mengalami pertumbuhan yang pesat di seluruh dunia, dengan lebih dari 13 juta download per hari, dan lebih dari 100.000 aplikasi. Di antara aplikasi-aplikasi tersebut, ribuan merupakan karya pengembang Indonesia.

“Kami berharap kami bisa memotivasi generasi muda Indonesia untuk menjadi entrepreneur lokal yang hebat dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional, lewat berbagai program ekosistem pengembang aplikasi kami,” harap Martin.

“Kami di Microsoft Indonesia bekerja erat dengan mitra kami di Nokia Indonesia untuk tidak hanya membangun ekosistem pengembang aplikasi. Tapi, juga memupuk dan membimbing mereka untuk menjadi entrepreneur generasi berikutnya,” tambah Risman Adnan, Director of Developer and Platform Group Evangelism, Microsoft Indonesia. @rudi