LENSAINDONESIA.COM: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menyatakan untuk mewujudkan kemakmuran bangsa dan negara harus memiliki jiwa mandiri di bidang ekonomi. Dengan demikian, akan mampu mencetak wirausahawan tangguh.

“Maka dari itu, untuk para pemuda mulai yang ada di desa dan kota harus terus diberikan pelatihan ketrampilan. Intinya, jangan sampai ada pemuda yang menganggur,” ujar Hatta Radjasa dalam seminar Wirausaha Mapan bertajuk “Saatnya Berani Buka Usaha Sendiri” di Gedung WTC Surabaya, Minggu (29/4/2012).

Menurutnya, kenaikan investasi yang masuk di Jatim pada triwulan pertama tahun 2012 mencapai 41,52 persen dari triwulan pertama yang sama di tahun lalu atau setara Rp 25,70 triliun. Hatta berharap, agar Jawa Timur menjadi peluang besar bagi pengusaha maupun calon wirausahawan dengan aliran modal besar. Sehingga, pemuda Jawa timur tidak lagi jadi pengangguran.

Hatta juga menyayangkan, apabila kesempatan tersebut tidak diambil oleh anak muda di Jawa Timur. Sebab, Jawa Timur sangat potensi mengembangkan usaha. Karena, Jatim merupakan kawasan Indonesia timur dengan jalur masuk perekonomian terbesar di Indonesia.

Hatta berharap, agar semua generisi muda, khususnya di Jatim lebih fokus melakukan pengembangan usaha.

“Ini bertujuan agar mereka tidak menjadi penonton saja, sekaligus bisa memanfaatkan aliran dana yang masuk,” tandasnya. @panji