LENSAINDONESIA.COM: Perjalanan Menteri BUMN Dahlan Iskan bersama istri Nafsiah Dahlan menuju Indramayu dengan kereta ekonomi Matarmaja memang mengesankan. Tak urung Dahlan Iskan sempat menjadi pusat perhatian para penumpang di dalam gerbong kereta.

Sayangnya, sesampai di Indramayu Dahlan gagal ikut panen bersama petani rumput laut. Pasalnya, kondisi sudah gelap.

Namun demikian, untuk menemui para petani rumput laut ini, Dahlan harus rela menempuh jarak 2 KM dengan jalan kaki. Sesampainya di tempat itu, Dahlan langsung melakukan dialog bersama para petani rumput laut.

“Pak Dahlan dialog saja di empang dengan petani setelah Shalat Maghrib. Tadi malam, malah jalan sampai 2 kilometer dari Kecamatan Cantigi,” ungkap Humas Protokoler Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada LICOM, Minggu (29/4/2012).

Menurut Faisal, Minggu (29/4/2012) pagi sekitar pukul 04.00 WIB, Dahlan beranjak dari Desa Cangkring Indramayu menuju Cirebon. Lantas, ditengah perjalanan, tepatnya di kawasan Pertamina Balongan, dia berhenti sejenak untuk Shalat Subuh. Sedangkan, untuk mengawali sarapan pagi hanya dengan “Nasi Jamblang” milik Mang Dul, yang berada di pinggir jalan.

Sesampainya di Cirebon, Dahlan menyambangi Radar Cirebon. Sekitar pukul 07.15 WIB, Dahlan Iskan kembali melanjutkan dengan santai dari Alun-alun menuju Stadium Bima Cirebon. Setelah itu, meninjau sekolah TK hasil renovasi yang idenya berasal dari Ibu Nafsiah Dahlan, dua pekan lalu.

Dan perjalanan Dahlan bersama Ibu Nafsiah berakhir dengan ziarah ke Makam KH Abdullah Abbas, berasal dari Ponpes Buntet.

“Beliau datang ke makam sengaja tidak memberitahu ke Ponpes dan penunggu makam. Karena, tidak ingin ada ramai-ramai. Ini sudah jadi kebiasaan beliau juga,” jelas Faisal.

Faisal mengatakan, ziarah yang dilakukan Dahlan sifatnya hanya personal, sebagai orang yang juga lulusan Pondok Pesantren (Ponpes). Apalagi, Dahlan sangat menghormati para ulama, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat.

“Tadi, beliau pesan agar rombongan lainnya tidak ikut. Namun, langsung ke Jamrud tempat dialog, sebentar lagi dengan mahasiswa,” tambahnya. @aini