LENSAINDONESIA.COM: Penetrasi layanan Internet berkecepatan tinggi berbasis CDMA terus tumbuh mengingat para pelanggan mulai aware dengan kebutuhan internet.

General Manager Commerce TelkomFlexi area Jatim Bali Nusra, Suparwiyanto mengatakan potensi pertumbuhan layanan data broadband yang sangat besar. Sampai akhir tahun 2011, 10 kota besar di Indonesia sudah bisa menggunakan akses data Flexi Mobile Broadband.

“Di Jawa Timur sendiri, 75% BTS yang ada di 2 kota besar yakni Surabaya, Malang telah dilengkapi modul EVDO.” ujarnya, usai peluncuran Flexi Mobile Broadband di Madiun. Sabtu (28/04)

Dengan Flexi Mobile Broadband berteknologi EVDO (EVolution Data Optimized) Rev-A ini, pelanggan TelkomFlexi di area Madiun kota akan mendapatkan kecepatan akses sampai 3,1 Mbps atau hampir 20 kali lipat dari kecepatan semula.

Tahun 2011 adalah fase pertama implementasi Flexi Mobile Broadband. Untuk Madiun, sesuai rencana akan dibangun pada fase kedua atau pada semester II/2012.

“Sehingga mulai hari ini, seluruh masyarakat Madiun kota bisa menggunakan akses data Flexi sampai kecepatan 3,1 Mbps,” kata Suparwiyanto.

Trend kebutuhan akses data kecepatan tinggi di Madiun cenderung meningkat pesat. Saat ini, jumlah pengguna akses data di Madiun mencapai 11 ribu pelanggan atau 20% dari jumlah pelanggan TelkomFlexi.

“Jika sebelumnya, pelanggan akses data ini didominasi oleh pelanggan di kategori early user, yang jumlahnya berkisar 60% – 70%, namun ke depan, dengan mobile broadband, pelanggan akan makin aware dengan aplikasi-aplikasi di internet yang butuh kecepatan tinggi,” tambahnya. Hal ini, tentu saja didukung oleh pengalaman mereka setelah menggunakan akses internet broadband.

Ke depan, TelkomFlexi akan terus melakukan perbaikan layanan dan penyediaan infrastruktur akses data untuk pelanggan.

“Mainstream bisnis telekomunikasi memang mengarah kepada penyediaan layanan mobile data. Salah satu indikator yang paling sederhana adalah pertumbuhan pengguna smartphone yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan, kegiatan social networking (Facebook & Twitter) serta akses internet high speed,” tambah Suparwiyanto lagi.

Menurutnya, pertumbuhan yang sangat tinggi dari smartphone Android yang menggunakan teknologi CDMA, merupakan sinyal positif terhadap pasar akses data Flexi Mobile Broadband di masa kini dan yang akan datang.LI-07