LENSAINDONESIA.COM: Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya ke-719 terasa istimewa dengan kehadiran audisi untuk kaum muda dinamis bertajuk ‘I am President’. Perkenalan audisi ini digelar di lantai dasar perpustakaan kampus B Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Senin (7/5/2012).

Tak tanggung-tanggung, CEO PT CMG Global Dr Muhammad Asmi langsung ‘turun gunung’, bertemu dengan para kawula muda kota pahlawan. Dialog berlangsung seru, berbagai pertanyaan diajukan para peserta dari berbagai kampus. Mereka tampak antusias menanyakan berbagai hal terkait audisi ‘I am President’, sebab bagi mereka audisi acara semacam itu baru pertamakali dilakukan di Indonesia.

”Kami memang ingin mengajak kaum muda di kota pahlawan ini agar menunjukkan potensi serta kemampuannya. Dan audisi untuk acara seperti ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Kami melihat bakat serta potensi itu ketika berdialog tadi,” urai Asmi yang meraih gelar doktor dari Asian Management Institute, Manila, Filipina ini.

Berdasar pengalamannya yang sangat panjang di berbagai negara, seperti Dubai dan Cina, Asmi melihat potensi kaum muda harus diberi ruang untuk berekspresi. ”Tentunya potensi positif yang berkaitan dengan kepemimpinan, bagaimana mereka membayangkan kepemimpinan itu, bagaimana kepemimpinan itu harus diwujudkan, dan segala macam. Ini merupakan hal penting untuk membangun sebuah visi yang jauh ke masa depan,” papar pria yang sudah melanglang buana ini.

Disinggung soal kepemimpinan kaum muda, Asmi menguraikan bahwa pihaknya sangat memperhatikan dinamika kepemudaan di berbagai negara. Ia sudah menyaksikan berbagai perubahan mendasar di dunia, juga melibatkan kaum muda. Bahkan, tandas dia, kaum muda telah menjadi lokomotif perubahan di berbagai negara. ”Kami melihat potensi kaum muda itu,” tandas pria Malaysia beribu asal Pontianak ini. LI-08