LENSAINDONESIA.COM: Penyanyi legendaris era 1970-an dan awal 1980-an, Donna Summer, tutup usia Kamis (17/5/2012) di Englewood, Florida, AS.

Ia meninggal dalam usia 63 tahun akibat kanker. Penyanyi yang dijuluki ratu disko ini meninggalkan seorang suaminya yang juga seorang penyanyi dan pengarang lagu Bruce Sudano.

Pada zaman itu lagu-lagu Donna Summer sangat disukai diberbagai panggung disko dan dansa di seluruh dunia. Lagu-lagu hits seperti Hot Stuff, Last Dance, Love to Love You Baby, She Works Hard For The Money, I Feel Love dan Bad Girls menjadi soundtrack berbagai film-film di eradisko. Ia pun memenangkan seluruhnya lima penghargaan Grammy untuk berbagai kategori seperti dance, rock dan R&B.

Karir musik Donna Summer dimulai di kota München, Jerman saat ia ambil bagian dalam pertunjukan musikal. 1973 ia ditemukan oleh produser Giorgio Moroder.

Lagu disko “Love To Love You Baby” lahir tahun 1975 di München dan kemudian mencapai posisi kedua tangga lagu Amerika Serikat. Tahun 1977 menyusul dengan hit “I Feel Love”.

Sejak dulu pun Donna Summer sudah lebih dari sekedar sensasi disco. Bestseller-nya Bad Girl dari tahun 1979 dipandang sebagai album yang menginspirasi penyanyi dunia Madonna, Michael Jackson dan Beyonce.

Bahkan, lagu “She Works Hard for The Money” yang dirilis tahun 1983 tidak hanya merupakan hits, melainkan dipandang sebagai himne hak perempuan. @rudi