LENSAINDONESIA.COM: PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) makin agresif menggarap pasar akses data di area Jember. Dua bulan sejak soft launching awal April, jumlah pelanggan akses data Flexi Mobile Broadband mencapai lebih dari dua ribu pelanggan, atau berkisar 30% dari jumlah pelanggan total Flexi di area Jember. Saat ini, jumlah pelanggan Flexi Jember mencapai 700 ribu pelanggan. Akses data Flexi Mobile Broadband saat ini sudah bisa dinikmati oleh pelanggan Flexi yang menggunakan kode area 0331 dan berada di wilayah Kalisat, Kaliwates, Patrang, Jember, Mangli, Tegalbesar, Wirolegi Ajung, dan Mayang.

“Secara umum, pelanggan Jember kota sudah bisa menikmati akses data mobile broadband. Dan jika respon pasar dan peminat akses data di wilayah lain besar, maka pembangunannya akan diperluas, bahkan sampai ke kode area 0332, 0333, 0334, 0335, 0336, dan 0338,” kata General Manager TelkomFlexi area Jatim, Bali, Nusra, Suparwiyanto, saat press conference di Flexi Center Jember.

Dikatakan Suparwiyanto, masyarakat Jember yang semula menggunakan akses data Flexi dengan teknologi lama, yakni CDMA 2000-1X akan merasakan pengalaman baru ketika menggunakan akses data Flexi Mobile Broadband yang berkecepatan hampir 20 kali lipat dari kecepatan sebelumnya. Akses data Flexi sebelumnya masih berada di kecepatan 153 kbps, dan sekarang sudah mencapai 3,1 Mbps. “Di Jawa Timur, kami menggunakan akses data broadband berteknologi EVDO Rev A dengan speed 3,1 Mbps, sedangkan di Jabodetabek kami sudah menggunakan Rev-B hingga kecepatan 5 Mbps,”tambah Suparwiyanto.

“Dengan kecepatan sampai 3,1 Mbps, pelanggan akan makin nyaman melakukan akses data baik dengan menggunakan HP atau Modem yang mendukung teknologi EVDO. Sehingga bisa melakukan video call, video streaming, download data, akses ke Youtube, upload dan download berita, video chatting, dan berbagai aplikasi multimedia di internet dengan sangat nyaman,” jelasnya. Dengan kecepatan yang tinggi, manfaat internet akan makin dirasakan pelanggan.

“Sebelumnya, pelanggan akses data ini didominasi oleh pelanggan di kategori early user, yang jumlahnya berkisar 60% – 70%, namun ke depan, dengan mobile broadband, pelanggan akan makin aware dengan aplikasi-aplikasi di internet yang butuh kecepatan tinggi,karena didukung oleh pengalaman mereka setelah menggunakan akses internet broadband,” tambah Suparwiyanto.

Sampai akhir tahun 2011, 10 kota besar di Indonesia sudah bisa menggunakan akses data Flexi Mobile Broadband. Di Jawa Timur sendiri, 75% BTS yang ada di 4 kota besar yakni Surabaya, Malang, Madiun, dan Jember telah dilengkapi modul EVDO.

“Mainstream bisnis telekomunikasi memang mengarah kepada penyediaan layanan mobile data, dimana salah satu indikator yang paling sederhana adalah pertumbuhan pengguna smartphone yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan, kegiatan social networking (Facebook & Twitter) serta akses internet,” terang Suparwiyanto.

Menurut Suparwiyanto, dalam lima tahun terakhir bisnis telepon seluler menunjukan pertumbuhan jumlah pelanggan dan ARPU (Average Revenue Per User) yang sangat tinggi, masing-masing sebesar yakni antara 27% s.d 42%, tetapi pada dua tahun terakhir ini justru mengalami pertumbuhan negatif.

“Penurunan pertumbuhan ARPU yang berbanding terbalik dengan penambahan pelanggan tersebut terkait dengan kecenderungan penurunan revenue voice. Apabila kondisi ini tidak diantisipasi dipastikan dapat mengurangi profit margin operator. Dengan kondisi ini, maka para operator menjadikan akses data sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan revenue,” tambahnya.

Salah satu indikator akses data menjadi tumpuan Flexi saat ini, ditambahkan oleh Suparwiyanto, bahwa dalam 2 tahun terakhir, pertumbuhan pelanggan data Flexi di area Jatim naik 4 kali lipatnya atau 400%. Manager Flexi area Jember, Susilo, menambahkan, Bahkan untuk area Jember, 20% pendapatan Flexi dikontribusikan dari pendapatan akses data.

FLEXI CENGLI DILUNCURKAN UNTUK PERCEPAT PENETRASI FLEXI MOBILE BROADBAND

Untuk mempercepat penetrasi Flexi Mobile Broadband, sejak 21 Januari lalu hingga 31 Juli 2012, Flexi meluncurkan program Flexi Cengli, dengan memberikan point tertinggi kepada peserta program yang mengaktifkan Flexi Mobile Broadband. Dengan mengaktifkan kartu perdana Flexi Mobile Broadband, pelanggan langsung mendapatkan 2000 point.

Flexi Cengli adalah program reward untuk reseller (outlet) dan pelanggan dengan total hadiah yang disediakan bernilai 1,3 Milyar. Program pemberian reward ini diberikan setiap transaksi berupa: isi ulang voucher, pembelian kartu perdana Flexi, pembelian handphone, modem Flexi, handset Flexi Android, dan registrasi FlexiTone. Setiap jenis transaksi tersebut memiliki nilai poin yang berbeda, poin terbesar dikenakan pada pelanggan yang melakukan registrasi akses data, baik registrasi Flexi Mobile Broadband (2000 poin) dan registrasi FlexiNet paket 6 dan 12 bulan (1000 pon). Total hadiah dengan nilai 1,3 Milyar ini diwujdukan dalam bentuk 200 HP Flexi Android, 200 LCD sebagai hadiah mingguan, 12 motor sebagai hadiah bulanan, 8 paket wisata ke Disneyland, 8 paket umroh, dan 8 paket nonton F1 di Singapore sebagai hadiah utama.LI-07/Panji