Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Dituding Rusak Rumpon, 4 Kapal Nelayan Disandera Penduduk Kumai 

LENSAINDONESIA.COM: Sekitar empat kapal nelayan Tegal Jawa Tengah disandera penduduk di perairan Kumai, Kota Waringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu (6/6/2012) malam.

Penyanderaan itu diduga dilatarbelakangi sering rusaknya rumpon dan jaring nelayan setempat. Tak jarang, sejumlah rumpon juga hilang. Dan warga setempat menuding hal itu akibat ulah kapal-kapal pendatang yang mencari ikan di perairan ini.

Keempat kapal milik nelayan Tegal yang disandera itu adalah KM Rahmat Jaya, KM Ulam Sari, KM Harapan Jaya dan KM Amalia Jaya Baru. Keempat kapal itu ditangkap warga perairan Kumai ketika sedang berlabuh lantaran cuaca buruk.

Diketahui, sebelumnya para nelayan di perairan Kumai sempat mengancam akan menangkap kapal-kapal nelayan yang memasuki wilayahnya. Namun, lantaran gelombang yang tinggi hingga enam meter akhirnya membuat empat kapal milik nelayan Tegal nekat menepi di perairan tersebut. “Begitu gelombang di laut mulai redah, sebuah kapal yang berisikan 70 orang, yang diketahui penduduk Kumai, mulai mendekat dan menyendera kami,” ujar Karim, salah satu juru mudi kapal Tegal. @boy gunawan