Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE PROOTONOMI

Paksakan Eksekusi Tambang, Kajari Banjarmasin Dipolrikan Yusril 

LENSAINDONESIA.COM: Yusril Ihza Mahendra melaporkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banjarmasin, Firdaus Dewilmar ke Bareskrim Mabes Polri, Rabu (6/6/2012).

Firdaus dilaporkan karena dianggap memaksakan proses eksekusi pada perkara penambangan liar, Direktur Utama PT Satui Bara Tama (PT SBT), Parlin Riduansyah. Padahal, perkara tersebut telah dinyatakan batal demi hukum. Yusril pun melaporkan Firdaus atas dugaan melakukan perampasan kemerdekaan seseorang.

“Putusan Mahkamah Agung (MA) atas kasus dugaan penambangan liar yang menyatakan Parlin bersalah sudah dinyatakan batal demi hukum, karena tidak memenuhi syarat formal pemidanaan dengan tidak tercantumnya ketentuan pasal 197 ayat 1 huruf k,” ujar Juru Bicara Yusril, Jumhur Lantong, di Bareskrim Mabes Polri, Rabu (6/6/2012).

Jumhur mengatakan, jika telah dinyatakan batal demi hukum, Jaksa Eksekutor Kejari Banjarmasin tetap nekat melakukan eksekusi dengan mendatangi kediaman Parlin di Jl Sutoyo S No.23 RT. 054/018, Kelurahan Teluk Dalam, Banjarmasin. Mereka menyambangi rumah Parlin pada Rabu 6 Juni sekitar pukul 11.00 waktu setempat. “Bahkan surat panggilan kedua dan ketiga tidak pernah diterima Parlin,” katanya.

Oleh Yusril, Firdaus dilaporkan dengan pasal 333 KUHP tentang perampasan kemerdekaan dengan nomor laporan pengaduan polisi 092/YIM/I&I/VI/12.

Diberitakan sebelumnya, Parlin harus menjalani proses hukum atas dugaan eksploitasi lahan kawasan hutan di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. @rama