LENSAINDONESIA.COM: Bersamaan dengan kegiatan Madrasah Enterpreneurship dan Grand Launching Bangkit Pusat Zakat Ummat bersama Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan yang dilangsungkan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat dan Sabtu (8-9 Juni 2012).

Direktur Human Capital & General Affair (HCGA) Telkom, Priyantono Rudito, mengatakan bahwa partisipasi Telkom dalam kegiatan ini tidak hanya karena memang Telkom merupakan BUMN, tetapi terutama kegiatan ini sejalan dengan tema program corporate social responsibility (CSR), yakni Membangun Indonesia Cerdas.

Salah satu sasaran kegiatan yang dilaksanakan bersama beberapa BUMN ini antara lain pemberdayaan ummat dan pesantren yang ada di Tasikmalaya. Guna menyukseskan kegiatan ini melalui Kementerian BUMN, Telkom memberikan bantuan berupa 1000 pohon Mangga dan Jatimas untuk go green Tasikmalaya senilai Rp 26 juta, bantuan launching bangkit senilai Rp 200 juta (termasuk sebar paket pendidikan senilai Rp 140 juta) dan pembuatan broadband learning centre (BLC) di Pesantren Persatuan Islam (Persis) Benda senilai Rp 65 juta.

Selama tahun 2011, Telkom telah membantu 9.189 mitra binaan dengan dana yang disalurkan sebesar Rp 302.7 milyar, sedangkan bantuan yang diberikan untuk bina lingkungan sebesar Rp 45 milyar.

Priyantono menambahkan, Telkom senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa. Dikatakannya, kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilaksanakan sepanjang 2011 lalu menyerap dana sebesar Rp 32 miliar mencakup program information communication technology (ICT) Bagimu Guru Kupersembahkan, program Santri Indigo, Indigopreneur (Pelatihan untuk Usaha Kecil dan Menengah), BLC di daerah perbatasan, aplikasi I can hear and talk (i-CHAT) bagi orang berkebutuhan khusus dan berbagai program pendidikan lainnya.LI-07