Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE SPORT

Tutupi Kekurangan Dana Olimpiade, KOI Gandeng Sponsor 

LENSAINDONESIA.COM: Untuk menutupi  masalah kekurangan dana yang dihadapi kontingen Indonesia selama persiapan dan menjelang keberangkatan ke Olimpiade London 2012 segera teratasi. Komite Olimpiade Indonesia (KOI), akhirnya mendapatkan suntikan dana dari beberapa sponsor, salah satunya dari PT.ADARO.

Pada kesempatan tersebut, PT. Adaro secara simbolis melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Komite Olimpiade Indonesia. PT. Adaro, diwakili oleh Andrea Mamuaya, sedangkan dari pihak KOI diwakili Wakil Ketua KOI, Erick Thohir.

Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan itu, adalah salah satu dari sekian sponsor yang ikut membantu masalah dana di kontingen Olimpiade Indonesia. Hingga kini total dana yang sudah didapat KOI dari pihak sponsor sebesar Rp 7,5 miliar.

Dana tersebut nantinya digunakan untuk mendukung persiapan dan keberangkatan kontingen Indonesia ke Olimpiade. Sebab, sebelumnya, pemerintah melalui Kemenpora hanya mencairkan dana sebesar Rp. 20 miliar dari 30 miliar total dana yang dibutuhkan kontingen Indonesia.

”Hingga saat ini, total dana yang sudah kami dapatkan dari pihak-pihak sponsor sebesar Rp. 7,5 milar. Itu semuanya dalam bentuk cash money. Sedangkan Rp. 1 miliar dalam bentuk seragam untuk kostum yang akan dipakai kontigen Indonesia,” ujar Ketua Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2012, Erick Thohir, di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (21/6).

Erick berharap dengan dukungan penuh dari beberapa perusahaan yang sudah terjalin, prestasi atlet Indonesia di Olimpiade bisa membanggakan dan mengharumkan nama bangsa. ”Ini akan menjadi masukan buat kami. Oleh karena itu kami akan berusaha untuk transparan kepada masyarakat. Semoga dukungan ini akan menambah rasa percaya diri para atlet Indonesia,” kata Erick.

Selain dihadiri Erick Thohir, hadir pula dalam acara penandatangan MoU tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng serta Direktur Utama PT.Adaro Indonesia, Garibaldi Thohir.

Sementara itu Andi Malarangeng mengatakan, “Saya senang Adaro mau menjadi bagian dari kontingen Indonesia untuk Olimpiade London 2012, yang juga sangat peduli terhadap olahraga. Terimakasih atas kepeduliannya. Pemerintah juga telah menyiapkan dana untuk olimpiade”.

“Dari swasta kita harapkan dukungan biar lebih banyak lagi untuk kontingen Indonesia, bukan hanya dari Adaro saja. Kita sangat membutuhkan partisipasi perusahaan swasta dan masyarakat luas,” ujar Andi.

Dari pihak swasta sendiri yang telah memberikan dukungannya dalam bentuk sponsor kepada kontingen Indonesia ke Olimpiade London 2012, selain Adaro adalah, Pertamina, BRI dan League.

Di Olimpiade 2012, Indonesia mengirimkan 18 atlet yang berasal dari cabang bulutangkis (9 atlet), angkat besi (6), panahan (1), anggar (1) dan atletik (1). Indonesia masih berharap ada penambahan atlet dari cabang renang dan voli pantai.  Kontingen Indonesia akan berangkat ke London pada 12 Juli dan 22 Juli mendatang.@Noviar