LENSAINDONESIA.COM: Direktur I Asosiasi Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Johan Suryadarma, mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara pengekspor ikan yang besar untuk negara-negara di Asia dan Amerika.

“Perikanan menjadi salah satu unggulan Indonesia, khususnya untuk ikan segarnya, yang mana di Indonesia sangat melimpah,” ujar Johan, Sabtu (14/7/2012).

Contoh setiap tahun sekitar dua ribu ton ikan segar di ekspor ke Jepang. Sedangkan dan ke Amerika setiap tahunnya diekspor 6 ribu sampai 8 ribu ton. “Dan kedepannya masih dapat terus meningkat lagi karena masih banyak negara yg membutuhkan suplai ikan,” imbuhnya.

Sayangnya, besarnya kontribusi ekspor tersebut masih didominasi oleh ekspor ikan segar, sedangkan produk olahan ikannya masih minim. Menurut Johan, harusnya bukan ekspor ikan segar saja yang terus ditingkatkan, akan tetapi juga produk olahan ikan, agar ada nilai tambah tersendiri bagi sektor perikanan tersebut.

Karena itulah UKM di Indonesia diarahkan untuk melakukan pengolahan terhadap ikan segar. Dengan proses pengolahan tersebut nantinya didapatkan produk olahan ikan yang harganya jauh lebih mahal. “Dengan begitu, juga dapat mendorong dan membantu peningkatan perekonomian masyarakatnya yang terjun langsung dalam hal ini,” tandasnya. @Panji