LENSAINDONESIA.COM: Pasokan stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) untuk kawasan Jakarta dinyatakan aman selama bulan suci Ramadhan. Untuk harganya pun saat ini cenderung masih stabil.

Menurut Kepala Sub Bagian Data dan Informasi PIBC, Suminta, stok beras di gudang PIBC, Jakarta TImursaat ini cukup untuk kebutuhan hingga 15 hari ke depan. Tercatat, stok beras yang tersimpan mencapai 15.709 ton. Jumlah ini masih ditambah lagi dengan pasokan beras sebanyak 2.500-3.00 ton per hari.

Namun, Suminta meminta Perum Bulog menggelar Operasi Pasar (OP) sebagai antisipasi kenaikan harga beras saat Ramadhan nanti. Sebab, biasanya harga beras akan mengalami kenaikan setiap memasuki Ramadhan.

“Untuk stok beras aman. Biasanya harga beras akan naik saat Ramadhan. Namun, untuk saat ini masih stabil,” ujar Suminta, (13/7/12) kemarin.

Kini kisaran harga beras jenis IR 1 dijual sekitar Rp 8.300 per kilogram (Kg).  IR 2 Rp 7.560 per Kg,  dan IR 3 Rp 7.000 per Kg. Sedangkan untuk harga beras pandan wangi justru turun sejak sepekan lalu, dari Rp10.700 per Kg menjadi Rp 10.600 per Kg.

Ketua DPD Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), Nellys Soekidi menguraikan,  sirkulasi beras di kiosnya di PIBC masih normal yakni sekitar 30 ton. Pasokan beras dari Jawa Barat masih mendominasi sebesar 80 persen. Selebihnya, berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pasokan distribusi beras kerap terlambat lantaran terjadinya adanya sejumlah proyek perbaikan sejumlah ruas jalan di kawasan Pantura. (LI-13)