LENSAINDONESIA.COM: Presiden Direktur PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Rj Lino mengungkapkan, jika pada semester I-2012 ini perusahaannya telah mengantongi laba sebelum pajak sebanyak Rp 1,405 triliun, meningkat 44,92% dari semester I-2011 Rp 970 miliar. Peningkatan kinerja keuangan ini adalah salah satu hasil positif dari pengembangan dan layanan di 12 pelabuhan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

“Di berbagai usaha yang kami terapkan tahun ini diantaranya penambahan alat bongkar muat, penambahan lahan penumpukan, penerapan layanan yang berbasis Information And communication technology (ICT), karena pelabuhan merupakan satu rantai penting dalam perekonomian dan harus terua melakukan inovasi yang terus membantu perputaran ekonomi Negara,” ujar Rj, dalam konfrensi pers terkait Kinerja Indonesia Port Corporation (IPC) yang dulu dikenal Pelindo II semester I-2012 dan langkah lanjutan tingkatan layanan pelabuhan, di Jakarta, Senin (15/07).

Menurut Rj, atas keberhasilan usaha dalam dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia perusahaan, PT Pelabuhan II menerima penghargaan Contribution to the organization award dari Independent Award Committee Asia HRD Congress 2012 2012 di Bagalore India pada 11 Juliu 2012 yang lalu.

Lebih lanjut Rj mengatakan, pendapatan karyawan PT. Pelabuhan II Juga meningkat Rp 1.192 juta/karyawan pada semester I-2012, atau meningkat 28,35% dari pendapatan semester 1-2011 Rp854/karyawan.

“Angka yang diperoleh tahun ini telah mendekati anggaran yang ditetapkan untuk seluruh tahun 2012 sebesar Rp1.964/karyawan,” tambah Rj.

Rj juga mengatakan, pertengahan tahun ini, PT. Pelabuhan II akan menyampaikan inisiatifnya kepada pemerintah untuk membentuk Main-sea corridor atau nasional pendulum untuk terciptanya sistim logistic terintegrasi, rencanaya corridor ini akan melibatkan pelabuhan tanjung priok, Belawan, Batam, Makasar dan sorong sebagai pelabuhan utama untuk wilayah dari barat hingga timur Indonesia.@Lysistrata