LENSAINDONESIA.COM: Anda yang menderita impotensi dan tak punya banyak uang untuk berobat, jangan khawatir. Kini ada obat murah meriah bin gratis yang bisa Anda dapat, yakni sinar Matahari. Karena itu, rajin-rajinlah berjemur di pagi hari biar bisa selalu `berfungsi normal` sebagai lelaki

Hal itu berdasarkan penelitian terbaru yang menunjukkan kekurangan vitamin D berkaitan dengan risiko impotensi. Terlebih lagi jika Anda mengidap diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolik, maka risiko impotensi lebih tinggi. Karena semua penyakit ini terkait dengan kekurangan vitamin D. Sekedar diketahui, Sinar D ini paling banyak terkandung dalam sinar matahari.

Seperti dikutip dari laman Man’s Health, sebuah penelitian yang meriset hubungan kasus penyakit jantung dan impotensi menemukan banyak faktor risiko yang berperan untuk penyakit jantung meningkatkan risiko impotensi.

Peneliti mengungkap, masalah aliran darah dan penyakit yang mempengaruhi sirkulasi darah merupakan penyebab dari hampir separuh semua kasus impotensi. Namun, penelitian menemukan vitamin D dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

Vitamin D memainkan peran dalam menjaga kesehatan pembuluh darah yang bisa menurunkan risiko impotensi. Selain itu, vitamin D juga meningkatkan fungsi endotel (mengurangi turbulensi aliran darah dan pendistribusian darah ke seluruh tubuh), mengurangi peradangan dan mengurangi pengerasan jaringan pembuluh darah. Pada gilirannya risiko kardiovaskular serta mengurangi risiko impotensi.

Sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D yang mudah dan murah bagi kebanyakan orang. Selain itu, sinar matahari meningkatkan konsentrasi oksida nitrat dalam darah untuk mengurangi risiko impotensi. Sumber lain vitamin D bisa didapatkan melalui ikan dan produk susu, serta suplemen vitamin D.

Periset mendesak pasien impotensi tidak hanya diobati untuk gejala impotensinya tetapi juga resiko kardiovaskular terkait impotensi. Pasien dituntut untuk lebih rajin berolahraga, memakan makanan sehat dan berhenti merokok. @sl/LI-14