LENSAINDONESIA.COM:Untuk membantu meringankan kebutuhan pokok di bulan ramadhan 1433 H, Pemprov DKI Jakarta melalui Suku Dinas (Sudin) Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, menjual ribuan kilogram (Kg) daging, telur dan produk olahan ternak serta ikan dengan harga murah, dalam Bazaar Ramadhan 2012, di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Jl. Dr. Sumarno No. 1, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, yang dimulai sejak Senin(30/7/12) hingga Jumat (3/8/12) besok.

Kepala Seksi Peternakan Suku Dinas (Sudin) Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Sri Astuti, mengatakan, pada kegiatan pasar murah daging ini pihaknya menjual 1000 ekor daging ayam ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal), 500 Kg daging sapi, dan 1 ton telur ayam.

“Masing-masing daging dan ayam telah mendapatkan subsidi dari Pemprov DKI. Sehingga kami jual dengan harga lebih murah dari pasaran,” katanya kepada LICOM saat Bazaar Ramadhan 2012, Rabu (1/8/12).

Selanjutnya, ia menjelaskan , untuk daging sapi dijual dengan harga Rp 65.000 / Kg, telur ayam Rp15.000 / Kg, Ayam ASUH Rp25.000 / ekor.

“Kami juga jual ayam kampung non subsidi dengan harga Rp60 ribu per ekor,”ujarnya.

Selain menjual daging, dan telur, pihak Sudin pertenakan dan perikanan , juga menjual produk olahan peternakan dan perikanan dengan harga murah di antaranya bakso Rp12.500 /piece, rolade Rp10 ribu /piece, kornet sapi Rp12.000 /piece, dan sosis sapi Rp15.000/piece.

“Untuk produk olehan ternak dan ikan ini semuanya di produksi PT King Food, di jual dengan harga Rp5.000, lebih murah dari harga pasar,”jelasnya.

Sementara itu, pedagang ayam Imam Supangat (53), mengatakan, setiap pagi sejak hari pertama penyelenggaraan, stand penjualan daging murah ini selalu diserbu warga yang umumnya para ibu rumah tangga.

“Mereka biasanya antre membeli telur ayam. Terbukti, sejak hari pertama hingga hari ke tiga stok 400 Kg telur ayam yang kami sediakan sudah ludes dibeli warga. Agar penyediaannya mencukupi hingga hari terakhir, kami memang hanya menjual 200 Kg ayam per hari,”ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Merry (38) salah seorang , warga Perumnas Klender,Jakarta Timur, mengaku sangat terbantu dengan adanya Bazaar Ramadhan ini berharap kegiatan seperti ini terus digelar.

“Karena dengan adanya bazaar ini sangat meringankan beban kami. Kalau bisa jangan hanya daging, tapi juga kebutuhan pokok lainnya, seperti beras, terigu dan minyak goreng.Maklum, mau Lebaran kebutuhan meningkat,” pungkasnya.@winarko