Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE HEALTH

Strawberry Mampu Lindungi Kulit dari Sinar UV 

LENSAINDONESIA.COM: Buah strawberry ternyata mengandung manfaat besar untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV atau ultra violet. Hal tersebut disimpulkan dari sebuah penelitian di Politecnia Universita delle Marche, Italia.

Pada penelitian tersebut, ekstrak strawberry sebanyak 0,5 mg/ml ditambahkan pada krim tabir surya. Hasilnya setelah digunakan, nampak bahwa kelangsungan hidup sel kulit lebih tinggi.

Kerusakan DNA yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV pun menurun dibanding dengan tabir surya tanpa ekstrak strawberry.

“Kami telah memverifikasi efek melindungi dari ekstrak strawberry melawan kerusakan sel-sel kulit disebabkan oleh sinar UVA”, kata pemimpin proyek penelitian, Maurizio Battino seperti dilansir Dailymail.

Hasil penelitian yang telah dipublikasi di Journal of Agricultural Food Chemistry itu diharapkan dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kanker atau efek inflamasi dan degeratif yang terkait sinar UV matahari.

Zat ajaib yang dikandung oleh buah strawberry bernama anthocyanins lah yang menjadi kuncinya. Zat tersebut diklaim mampu menjadi anti-inflamasi, antioksidan, dan juga anti tumor.

Diharapkan dengan adanya penelitian tersebut, akan menjadi terobosan baru bagi penciptaan tabir surya yang lebih baik.LI-07