Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE SPORT

Mantap! Lintasan Downhill Cikole Tantangan Tersendiri bagi Pebalap Sepeda 

LENSAINDONESIA.COM: Kondisi lintasan (track), yang disediakan pihak penyelenggara menjadi tantangan tersendiri bagi para atlet yang akan berlaga di seri terakhir kejuaraan balap sepeda kelas Downhill yang bertajuk Spesialized Asia Pasific Downhill Challenge 2012. Kejuaraan yang melibatkan beberapa atlet downhill internasional ini digelar pada 17-18 November 2012 mendatang.

Lintasan yang akan digunakan ialah lintasan sepanjang 1,6 km yang berada di kawasan Cikole, Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Lintasan itu sendiri menurut ketua panitia, Andre Palmer merupakan lintasan yang baru pertama kali digunakan. Ia dan timnya pun memberikan sedikit sentuhan perubahan agar lintasan tersebut sedikit menantang.

“Belajar dari kejuaraan dunia di Italia yang memiliki posisi jumping yang besar, kita memerlukan pembukaan jalur lintasan baru, dan kita juga buat 8 tempat jumping yang dropnya kita tambah tinggi, sehingga ada tantangan baru, kita juga buat tempat finishnya 2x lebih tinggi,” ujar Andre, di Jakarta, kamis (15/11).

Atlet peraih medali emas pada SEA Games 2011, Purnomo mengatakan track tersebut lebih licin dan memiliki struktur tanah yang lebih keras daripada yang ada di Malang, “Tapi kecuramannya masih lebih curam di Malang,” tambah Purnomo.

Meskipun belum sempat mencoba lintasan di Cikole tersebut, atlet yang juga masuk ke dalam Pelatnas SEA Games 2013, di Myanmar, PB ISSI mengaku tetap optimis mampu meraih prestasi di kejuaraan tersebut.

Sementara itu, rekan satu tim Purnomo dari tim United Bike Kencana (UBK) Malang, Popo Ariosejati juga mengungkapkan keoptimisannya, ia pun mengatakan persiapannya dan tim UBK sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Ia pun mengaku selalu menjalani latihan rutin setiap hari untuk mengantisipasi berbagai macam lintasan yang akan ditemui nanti.

Baca Juga:  Presiden Jokowi anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada KH Masjkur asal Jatim dan 5 Tokoh Nasional

Mengenai lawan terberat yang nantinya akan dihadapi, Popo yang pernah menjuarai kejuaraan tersebut pada 2010 lalu di Malang menambahkan, lawan terberatnya merupakan para atlet luar negeri yang masuk ke dalam jajaran Top 30 MTB dunia.

“Mereka ketika di Italia berhasil masuk ke dalam kualifikasi, sedangkan saya dan Purnomo gagal karena yang diambil adalah 50 besar. Jadi, lawan terberat saya adalah mereka pembalap dari luar. Tapi atlet Australia yang tahun lalu mengalahkan saya kali ini tidak ikut,” jelas Popo, peraih medali emas di SEA Game Laos 2009 lalu.@Noviar