Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE UTAMA

Menakertrans Minta Media Tak Gunakan Istilah Outsourcing 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengusulkan media pers tak lagi menggunakan istilah ‘outsourcing’. Menurutnya istilah itu sangat kabur. Bahkan tidak dikenal dalam sistem hubungan industrial yang diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Agar dibedakan antara pengerah jasa pekerja yang dibolehkan pada lima jenis pekerjaan cleaning service, jasa keamanan, pekerja pembantu bidang migas, transportasi, dan catering, dengan pekerja untuk waktu tertentu (kontrak),” kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan, pasal 64-66  UU No.13/2003 itu memang tidak jelas mengatur tentang outsourcing. Dan ia mengaku setiap hari mendapat masukan untuk merevisi Undang-undang yang selalu menjadi perdebatan antara pengusaha dan buruh tersebut.

Muhaimin juga menilai Peraturan Menakertrans yang saat ini masih dalam proses di Kemenkum HAM takkan bisa memuaskan semua pihak khususnya buruh. Dia menyatakan akan segera mengusulkan draf undang-undang ketenagakerjaan yang sepenuhnya baru.

” Ya kalau dilihat, kita segera usulkan bentuk undang-undang ketenagakerjaan yang baru, agar lebih komprehensif,” ungkap Muhaimin di Jakarta, Jumat (16/11).@aguslensa

Baca Juga:  Pemprov Jatim gelar sholat gaib untuk almarhum "Mr. Crack"