LENSAINDONESIA.COM: Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam badan eksekutif mahasiswa universitas Pancasakti kota Tegal, Jawa Tengah, memblokir jalur utama pantura Yos Sodarso tegal pada Rabu siang (21/11/2012). Suasana sempat ricuh saat para mahasiswa terlibat aksi dorong dengan aparat kepolisian. Mahasiswa menuntut penegerian karena menilai yayasan tidak becus mengurus universitas, bahkan dituding telah melakukan komersialisasi pendidikan.

Setelah melalui negosiasi yang cukup alot, para mahasiswa akhirnya bersedia menghentikan aksi blokir jalan. Namun para mahasiswa tetap melakukan longmarch menutup separoh badan jalan menuju balai kota tegal. Akibat aksi demo ratusan mahasiswa ini arus lalulintas sempat mengalami kemacetan cukup panjang.

Aksi demo dilakukan para mahasiswa karena tuntutan Penegerian Universitas Pancasakti tidak mendapat respon positif dari pihak Yayasan dan Rektorat. Para mahasiswa menuntut penegerian universitasnya karena menilai pihak yayasan tidak becus mengelola universitas tertua di kota tegal ini.

Bahkan para mahasiswa menuding yayasan telah melakukan komersialisasi pendidikan karena hanya berorientasi pada keuntungan materi daripada memikirkan kemajuan universitas. Akibatnya perguruan tinggi tempat mereka menuntut ilmu tidak mengalami kemajuan berarti alias jalan ditempat.

Menurut para mahasiswa, biaya perkuliahan dari tahun ke tahun semakin mahal, namun tidak diiringi dengan peningkatan mutu dan kwalitas universitas. Para mahasiswa berjanji akan terus melakukan aksi demo sampai tuntutannya penegerian universitasnya terwujud.