LENSAINDONESIA.COM: Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo mengaku heran dengan sikap beberapa Fraksi di DPR yang setengah-setengah dalam menyelesaikan persoalan Century. Parahnya lagi, sikap fraksi seperti itu juga diikuti oleh fraksinya sendiri yakni fraksi Golkar.

Sebelumnya, fraksi pohon beringin tersebut ngotot menuntaskan persoalan Century, dengan mendukung Hak Menyatakan Pendapat (HMP) Boediono. Namun, sikap tersebut berubah 180 derajat dengan bersikap dingin terhadap hal itu. “Kok fraksi muter-muter kayak tong setan gini ya dalam menyikapi Century,” ujar Bambang terheran-heran kepada LICOM, Senin (26/11/12).

Padahal, lanjut Bambang, anggota Tim Pengawas (Timwas) Century sudah mengingatkan bahwa dalam tiga lembaga sudah memutuskan bawah telah terjadi perbuatan melawan hukum dalam kasus Century. Badan Periksa Keuangan (BPK), DPR, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah sepakat terhadap hal itu.
“Kalau ketiga lembaga ini saja sudah menemukan ada yang janggal, kenapa masih masuk angin (ragu-ragu),” jelas politisi yang disapa Bamsoet itu.

Penulis buku Republik Galau tersebut mencurigai ada pihak-pihak yang memang sengaja memperlambat proses hukum Century. Dengan ‘mengamankan’ Boediono sebagai salah satu yang bertanggung jawab terhadap kasus itu. “Sampai kapan terus seperti ini? Nunggu Boediono selesai jabatannya sebagai Wapres,” ujarnya dengan nada tinggi.@hairul