LENSAINDONESIA.COM: Ada beberapa Balai Pengobatan (BP) di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang masih berdiri dan melayani pasien. Namun untuk tahun 2013, jangan harap BP dapat dizinkan beroperasi tanpa persyaratan resmi.

“Hingga akhir Desember 2012, BP yang saat ini dilayani mantri masih ditolerir,“ kata Sulaeman Effendi, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan KBB di ruang kerjanya, Senin, (3/12/12).

Menurut Sulaeman, Balai Pengobatan harus berubah menjadi klinik. Klinik boleh berdiri kalau professional dan memenuhi persyaratn yang dibutuhkan. “Selain itu, sarana dan fasilitas klinik harus sesuai dibarengi dengan tenaga medis yang berkompeten, “tutur Sulaeman.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan LICOM, beberapa balai pengobatan di KBB yang hanya dilayani oknum yang tidak bersertifikat izin praktek dokter banyak beroperasi di Kecamatan Ngamprah dan Kecamatan Rende. “Malah ada mantri (setingkat perawat. Red-) membuka balai pengobatan dan melayani pemasangan spiral,“ ujar sumber LICOM.

Permenkes No. 028 Tahun 2011merupakan aturan baru tentang penghapusan BP dan pendirian Klinik. Ada beberapa hal yang baru, yakni Klinik dibagi dua yaitu Pratama (Ralan/Ranap) dan Utama jadi sudah tidak ada lagi BP (Balai Pengobatan). Kedua, Klinik Pratama HARUS di bawah tanggungjawab dokter/drg sedangkan klinik Utama harus dimiliki oleh dokter spesialis, dan ke-3 dianjurkan memiliki laboratorium klinik sederhana.

Informasi lainnya mengatakan klinik yang berdiri hendaknya memperhitungkan hal standard minimalnya misalnya jumlah ruangan, jumlah tenaga medis dan tenaga kesehatan, prasarana penunjang (listrik, IPAL dan air). Bagi Klinik Pratama Ranap minimal 5 kamar dan maksimal 10 kamar dan 1 ambulan.
Pada Pasal 17 Permenkes No. 028 Tahun 2011 menyebutkan Tenaga medis pada Klinik Pratama minimal terdiri dari 2 (dua) orang dokter dan/atau dokter gigi.Tenaga medis pada Klinik Utama minimal terdiri dari 1 (satu) orang dokter spesialis dari masing-masing spesialisasi sesuai jenis pelayanan yang diberikan.@desmanjon