LENSAINDONESIA.COM: Masyarakat miskin di Jawa Timur yang punya masalah hukum kini bisa bernafas lega karena bisa mendapat pembelaan hukum gratis. Sedikitnya 78 advokat yang tergabung dalam DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jatim siap mendampingi dengan cuma-cuma alias gratis.

Wakil Sekretaris DPD KAI, Jatim Rizal Haliman, mengatakan bantuan cuma-cuma ini sengaja diberikan untuk memberikan akses masyarakat pencari keadilan. Syaratnya harus mendapat surat keterangan tidak mampu dari pengurus kampung setempat.  “Jangan sampai karena tidak mampu, mereka tidak mendapatkan keadilan hukum,” katanya, Rabu (5/12/2012).

Kasus yang bisa diberikan bantuan hukum gratis adalah pidana seperti tersangka kasus penganiayaan, pembunuhan, pencurian hingga kasus narkoba. “Kami juga siap mengadvokasi kasus perdata seperti kepemilikan tanah baik yang melibatkan orang per orang maupun pemerintah daerah,”terang advokat yang baru dilantik menjadi pengurus KAI November 2012 lalu.

Untuk mengadvokasi kasus-kasus ini, KAI sudah membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di tingkat DPD Jatim. “Saat ini kami sudah bisa menerima permohonan bantuan. Namun untuk launchingnya akan kami lakukan saat Rakerda KAI Februari 2012 mendatang,” katanya. @sy/LI-14