Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) sepakat akan menggelar kongres sendiri terkait keputusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar kongres di Palangkaraya, Minggu 10 Desember 2012 mendatang.

Sebelumnya Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, memberi peryataan bahwa pihaknya akan mengundang peserta Kongres Luar Biasa di Solo dan peserta Kongres Biasa di Palangkaraya, untuk hadir dalam kongres di Palangkaraya. Namun pihak KPSI menentang dan tidak akan hadir dalam kongres di Palangkaraya. Menurutnya, peserta kongres nantinya hanyalah voters di KLB Solo, sementara voters di Kongres Palangkaraya tidak diundang.

“Kami tidak akan datang ke Palangkaraya karena itu tidak sesuai dengan keputusan rapat joint committee (JC) dan menyimpang dari MoU,” ujar La Nyalla Mattaliti di kantor KPSI, Jakarta Jumat (7/12/12) malam.

“Kami juga akan menggelar kongres sendiri tanggal 9 Desember di Jakarta. Percuma kalau PSSI mengundang voters solo tapi tidak mendapatkan hak suara sama saja bohong,” tambahnya.

La Nyalla menjelaskan keputusan ini didukung oleh 81 anggota dan voters Kongres Solo dan pihaknya juga tidak akan mempermasalahkan jika AFC dan FIFA tidak hadir di kongres KPSI besok.@Anggi