Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE UTAMA

Ribuan Bangunan dan Sawah di Barito Utara Terendam Banjir 

LENSAINDONESIA.COM: Banjir yang terjadi di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah sejak 3 Desember 2012 hingga sekarang masih meluas. 6 kecamatan dari 9 kecamatan di Barito Utara terendam banjir dengan ketinggian hingga 2 meter. Bahkan ada yang mencapai 4 meter. Dilaporkan di beberapa tempat terjadi kenaikan banjir 30 cm pada hari ini.

“Akibatnya 8.872 rumah, 11 unit sekolah, 4 unit Puskesmas Pembantu, 5 unit masjid, 7 mushola, 1 gereja, 1 pastori, 1 balai basara hindu, 2.753 ha sawah, 25 unit jembatan beton dan kayu, 10 km ruas jalan dan ribuan hektar perkebunan terendam banjir, kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Minggu (9/12/2012).

Bupati Barito Utara telah menyatakan status tanggap darurat sejak 8 sampai 28 Desember 2012.

“BPBD Barito Utara telah mendirikan posko tanggap darurat dan dapur umum. Upaya penanganan dilakukan bersama dengan TNI, Polri, Dinsos, Dinkes, Dinas PU, PMI dan unsur lainnya. Bantuan beras dan makanan dari Pemkab, perusahaan dan masyarakat telah disalurkan,” ungkap Sutopo.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Kalteng melalui BPBD Kalteng mengirim bantuan darurat berupa peralatan dapur, bantuan sandang, kids ware, family kids, makanan siap saji, kelambu, selimut panas, tenda keluarga, tikar dan matras.@hidayat/aguslensa

Baca Juga:  FWJ kecam keras dan minta polisi usut tuntas oknum Ormas Tangsel aniaya wartawan saat liput demo