Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Memaksa Berikan Keterangan Palsu, Kejari Mempawah Dipolisikan 

LENSAIDONESIA.COM: Merasa ada kejanggalan dalam proses persidangan tahun 2011 di Kajari Mempawah, Kalimantan Barat, Kuasa Hukum Muhammad Zakirin, Akbar Hidayatullah, SH akan melaporkan tim Kajari Mempawah (Kalbar) ke Mabes Polri. Selain itu juga, Akbar Hidayatullah, SH melaporkan saksi ahli dari BPKP yang dinilanya memberikan keterangan palsu.

Akbar akan melaporkan Jaksa Warman Widianta, SH sebagai Kajari Mempawah 2011, Andi Saputra, SH sebagai (Kasi Intel), Amanda, SH, Sholahudin Ritonga, SH sebagai Ketua Tim JPU.

“Atas dugaan penyalahgunaan wewenang & rekayasa BAP (BAP Palsu). Selain itu kami juga laporkan saksi ahli dari BPKP Siswo Raharjo, S. Ak atas dugaan keterangan palsu diatas sumpah yang merugikan terdakwa sebagamana pasal 242 ayat 2 KUHP,” tutur Akbar Hidayatullah saat dikonfirmasi LICOM, Rabu (12/12/12).

Dijelaskan Akbar surat pernyataan dari saksi-saksi yang mencabut BAP dikarenakan saksi-saksi tidak dapat memberi keterangan tersebut, namun saksi-saksi dipaksa menandatangani jawaban BAP yang sudah di sediakan oleh tim jaksa, selain itu saksi-saksi juga di tekan untuk memberi jawaban yang menyudutkan klien kami Ir. H. Muhammad Zakirin.

“Adanya fakta persidangan bahwa Warman Widianta, SH meminta kerugian Negara sebesar RP. 163 jt agar di kembalikan oleh klien kami dan akan di janjikan bebas. Padahal saat itu belum ada temuan dari BPKP,” tuturnya.

Akbar menjelaskan padahal proyek yang direkayasa oleh jaksa dan BPKP ini sudah terlebih dahulu di audit oleh Inspektorat Daerah & BPKP pada tahun 2008. Dan terbukti tidak di temukan penyimpangan.

“Bahwa sedari awal ahli teknis dari Dinas PU tidak mau tapi di paksa menandatangani hasil temuan 163jt oleh jaksa Andi Saputra & Amanda, SH. Untuk bukti kami bawa surat pernyataan dari para saksi,” tutupnya.@aligarut

Baca Juga:  Halal Institute: Persoalan tarif, Kenapa KMA 982 beri wewenang tunggal ke MUI?