LENSAINDONESIA.COM: Jalur pendakian Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur hari ini ditutup. Kebijakan ini diambil Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sebab dikawasan ini terjadi badai besar dan hujan yang disertai kabut tebal.

Kepala Balai Besar TNBT, Ayu Dewi Utari menyampaikan, jalur pendakian ditutup per hari ini hingga 25 maret 2013.

“Ini untuk penutup sementara, sambil melihat kondisi cuaca,” katanya, , Selasaa (08/01/2013).

Menurut Ayu, penutupan jalur ini dilakukan agar tidak membahayakan keselamatan pendaki. “Badai di kawasan pendakian sangat besar. Utamanya di Ranu Pane. Saya sudah survei kesana,” ungkapnya.

Sementara itu,  sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana, Geologi (PVMBG) Bandung, jalur pendakian Semeru hanya dibatasi hingga pos Kalimati saja.

PVMBG menetapkan bahwa status Gunung Semeru masih Waspada (Level II) sejak 2 Mei 2012, sehingga masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas di radius 4 kilometer dari puncak Semeru.

Diketahui,  jalur pendakian menuju Gunung Semeri melintasi Ranu Pani – Watu Rejeng – Ranu Kumbolo – Oro-oro Ombo – Cemoro Kandang – Jambangan – Sumbermani – Kalimati – Arcopodo – Cemoro Tunggal – Puncak Semeru (Mahameru).@ridwan.licom/bj