LENSAINDONESIA.COM: Sepanjang hari Selasa (8/1/2013) ini, ribuan warga Kabupaten Pamekasan terlihat antusias membangun TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Meski hanya mendapat anggaran Rp 250 ribu, namun warga tetap bergairah mendirikan TPS yang akan digunakan sebagai tempat coblosan Pilkada Pamekasan, Rabu (09/01/2013) besok.

Gairah warga itu terlihat dalam diri 4 orang warga Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota Pamekasan ini.

Mustofa, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 03 Kelurahan Bugih tampak memimpin pendirian TPS yang berlokasi di komplek Peumahan Lapas Pamekasan.

“Saya mendengar kabar jika Pak Bupati Khalilurrahman akan mencoblos di TPS 03 Kelurahan Bugih ini. Makanya kami harus benar-benar mempersiapkan sebuah TPS yang bersih dan nyaman untuk coblosan Rabu besok,” papar Mustofa, Selasa (8/1/2013).

Ia mengatakan, di TPS 03 ini akan dihadiri sekitar 410 pemilih.

Pantauan LI.COM di lapangan, segenap komponen masyarakat bergotong royong membangun TPS dengan bahan sederhana. Tiang TPS menggunakan batang bambu yang baru dipotong. Sedangkan untuk atap TPS memanfaatkan terpal yang banyak digunakan untuk alas menjemur gabah.

Sedangkan untuk tempat duduk, warga menyiapkan bangku panjang dan kursi milik warga yang rumahnya berdekatan dengan TPS.

Jika para bapak tampak berkeringat mendirikan TPS, lain lagi dengan kalangan para ibu. “Alhamdulillah, para ibu ada yang menyumbang kopi dan air es lengkap dengan pisang goreng,” papar Taufikurrahman, saat ditemui di TPS 08 Kelurahan Barurambat Kota.

Dalam Pilkada Pamekasan yang digelar Rabu, 9 Januari 2013 besok, tercatat ada tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang bakal berlaga. Mereka adalah, paslon nomor urut 1 Al Anwari-Kholil (Aho). Kemudian nomor urut 2 dipegang calon incumbent, Kholilurrahman-Masduki (Kompak) dan mantan bupati Ahmad Syafii mendapat nomor urut 3 bersama calon wabup Khalil Asy’ari (Ketua DPRD Pamekasan).

Hari coblosan besok akan diikuti sebanyak 642.909 orang penduduk seperti tercatat dalam DPT (Daftar Pemilih tetap). Para pemilih ini nantinya akan menggunakan hak pilihnya di 1.582 tempat pemungutan suara (TPS) di 178 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.@arief