LENSAINDONESIA: Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendesak agar seluruh Parpol (Partai Politik) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah KBB melibatkan pemuda, khususnya pemilih pemula dalam perhelatan Pilgub Jawa Barat dan Pilkada Bupati Bandung Barat 2013.

“Dan kami melihat hingga saat ini, KPU belum maksimal mensosialisasikan setiap tahapan Pilkada ini, “kata Ujang Rohman kepada LICOM via ponselnya, Jumat (11/1/2013).

Ujang mengatakan, KNPI KBB juga siap memfasilitasi upaya sosialisasi pemilihan umum bagi para pemilih pemula di KBB. “Jika KPUD KBB mau menunjuk KNPI untuk mensosialisasikan kegiatan Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat dan Bupati/Wakil Bupati Bandung Barat kepada pemilih pemula, kami sangat siap,“ jelasnya.

Diketahui, Pemilihan Bupati (Pilbup) Bandung Barat sudah pada tahap akhir pendaftaran Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Bandung Barat. Di Sekretariat KPUD KBB di Jalan Raya Tagogapu Padalarang telah diterima berkas pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. Pasangan Djamu Kertabudi-Agus Yasmin (JK-AY) diusung Partai Gerindra, Hanura, dan Aliansi Partai Nonparlemen. Eri Rusyani Ernawan berpasangan dengan Samsul Ma’arif didukung beberapa partai besar, yakni Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Nasdem.

Pasangan Panji Tirtayasa-Kusna Sunardi dari jalur perseorangan. Pasangan Aep Nurdin-Kosasih diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. Pasangan yang ke-5 yang mendaftar adalah Abubakar-Yayat Soemitra yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI); dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Menurut Ketua KPUD KBB Asep Mamat, dari 5 bakal Cabup/Cawabup yang mendaftar, masih diberikan kesempatan selama 18 hari ke depan untuk melengkapi berkas persyaratan.

Sementara itu, sehari sebelum pendaftaran bakal cabup/cawabup KBB. sudah beredar Short Massage Service (SMS) yang menyatakan bahwa Rahmat Adang Safaat sudah diputuskan Pleno DPP PDIP sebagai calon wakil bupati yang mendampingi Calon Bupati Abubakar. Rahmat Adang Safaat adalah Ketua Distrik Angkatan Muda Siliwangi (AMS) KBB dan juga masih menjabat Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi KBB.

“Siapapun wakilnya, bagi kami Abubakar harus menang jadi Bupati kembali,“ tambah Aa Umbara, Sekretaris DPD PDIP KBB yang juga Ketua DPRD KBB kepada LICOM. @desmanjon