Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
EKONOMI & BISNIS

Cetak Tenaga Asuransi Handal, Prudential Gandeng UI 

LENSAINDONESIA.COM: Prudential Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama dengan Magister Manajemen-Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) sebagai langkah awal kolaborasi kedua organisasi ini dalam merealisasikan pembukaan program Pasca-Sarjana Magister Manajemen Aktuaria.

Penandatangan ini dilakukan oleh Presiden Direktur Prudential Indonesia William Kuan dan Jossy Prananta Moeis selaku Pejabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Ballroom, Hotel Ritz Charlton, SCBD, Jakarta, Senin (27/1/2013).

Melalui kolaborasi dengan Prudential Indonesia, MM-FEUI akan membuka pendaftaran program studi Magister Manajamen Aktuaria di Bulan Februari 2013.

Jossy Prananta Moeis selaku Pejabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia mengatakan, Aktuaria adalah suatu cabang ilmu yang sifatnya multidisipliner. Ilmu tersebut menggunakan metode-metode atau prinsip-prinsip yang ada pada statistika dan juga matematika dalam rangka memperkirakan, memprediksi, mengkalkulasi, membuat suatu perencanaan, model dan gambaran tentang prinsip-prinsip yang berlaku pada dunia asuransi, dana pensiun, dan keuangan pada umumnya.

“Posisi seorang aktuaris dalam mengembangkan produk asuransi adalah salah satu kunci penting dalam lingkup bisnis perusahaan asuransi yang secara nyata berpengaruh terhadap jenis dan spesifikasi produk yang ditawarkan perusahaan tersebut,” kata Jossy pada LICOM di Ballroom, Hotel Ritz Charlton, SCBD, Jakarta, Senin (27/1/2013).

”Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Prudential Indonesia untuk dapat mendirikan program studi Magister Aktuaria. Kami berharap ini merupakan langkah awal bagi pengembangan industri asuransi untuk semakin maju lagi dan peran berkelanjutan Universitas Indonesia sebagai pencetak tenaga kerja ahli aktuaria siap pakai. Kami juga sangat menghargai dukungan Prudential dalam pengembangan kurikulum serta seluruh infrastruktur yang dapat membantu aktifitas belajar-mengajar nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, William Kuan selaku Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan pertumbuhan industri asuransi jiwa beberapa tahun ke belakang menunjukan potensi yang positif dengan rata-rata pertumbuhan 20-30% dalam lima tahun terakhir. Namun, pertumbuhan ini belum diimbangi dengan jumlah SDM yang memiliki keahlian aktuaria yang memadai.

Baca Juga:  Disandera KKB Papua, Briptu Heidar tewas ditembak di leher dan kepala

“Program kolaborasi dengan UI ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Prudential Indonesia terhadap perkembangan industri, sekaligus upaya perusahaan dalam mendukung asosiasi dan regulator dalam memastikan ketersediaan tenaga ahli, serta memfasilitasi pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia,” ungkap William.

Sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi sebagai seorang aktuaris, kata William, sangat dibutuhkan karena potensi pasar asuransi yang masih sangat luas dan posisi aktuaris yang strategis dalam upaya industri memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kami percaya apa yang kami lakukan di hari ini akan membuahkan nilai-nilai yang sangat positif bagi industri asuransi, khususnya asuransi jiwa,” ucap yakin William.

Hadir pada penandatangan ini antara lain Rhenald Khasali selaku Ketua Program MM-FEUI, Budi Tampubolon (Ketua Persatuan Aktuaris Indonesia), Ruslan Prijadi (Kedua Dept. Manajemen FEUI), dan Nini Sumohandoyo (Direktur Corporate Marketing & Communication Prudential Indonesia). @Rudi