LENSAINDONESIA.COM: Akhirnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi mengusung Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur (Cagub) Jawa Timur. Dengan penetapan ini, sekaligus menjawab teka-teki cagub yang diusung NU untuk melawan Soekarwo di Pilgub Jatim mendatang.

Penetapan tersebut dikeluarkan dalam Surat Keputusan bernomor 12351/DPP – 03/V/A.1/I/2013 tertanggal 11 Januari 2013, yang ditanda tangani Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen PKB Imam Nahrowi ini ditembuskan kepada DPW PKB Jawa Timur, KPU Jawa Timur, Panwaslu Jawa Timur, Anggota DPRD Jawa Timur dari PKB dan DPC PKB se-Jawa Timur.

Sekjen DPP PKB H Imam Nahrawi mengatakan, keputusan ini muncul setelah melakukan tahapan-tahapan penentuan calon kepala atau wakil kepala daerah sesuai dengan PP PKB 02/2009 dan hasil pertimbangan kemaslahatan untuk warga NU dan PKB, maka DPP PKB telah memutuskan bahwa Hj Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Gubernur Jawa Timur periode 2013-2018.

“Pengusungan Ketua Umum PP Muslimat NU itu telah melalui tahapan panjang dan pertimbangan matang. Termasuk konsultasi dengan PBNU dan para ulama senior Nahdatul Ulama,” kata Imam dalam rilis yang diterima LICOM, Selasa (29/1/2013)

Sementara, terkait siapa yang akan mendampingi Khofifah sebagai calon wakil gubernur, Imam mengaku pihaknya masih melakukan kalkulasi termasuk membangun komunikasi dengan partai politik lain. “Akan kita putuskan dalam waktu dekat ini setelah konsultasi dengan sejumlah pihak (partai lain),” pungkasnya. @ian