LENSAINDONESIA.COM: Harga daging sapi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus merangkak naik dalam dua pekan terakhir. Dari pantauan LICOM di pasar Induk Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, selasa (12/2/2013) siang ini, harga daging sapi menembus kisaran Rp 97.000 per kilogram. Padahal normalnya harga berkisar di Rp 75.ooo per kilogram.

Naiknya harga daging sapi disebabkan berkurangnya pasokan. Kenaikan harga juga diperparah karena tidak adanya pasokan daging sapi impor sehingga saat ini para pedagang hanya menjual daging sapi lokal. Pasokan daging hanya mengandalkan dari para peternak sapi lokal padahal permintaan daging sapi di masyarakat saat ini cukup tinggi.

Suharto, salah seorang pedagang daging sapi mengaku saat ini hanya menerima pasokan daging paling banyak 150 kilogram perharinya. Padahal sebelumnya setiap hari dia mampu menjual 250 kilogram. Para pedagang juga mengeluhkan seringnya keterlambatan pengiriman daging. Kondisi ini menyebabkan para pedagang mengalami kerugian karena omset menurun drastis.

Jika pasokan daging sapi terus berkurang dipastikan harga akan terus merangkak naik. Para pedagang meminta pemerintah segera mengatasi kelangkaan pasokan daging sapi agar mereka tidak kesulitan melayani permintaan pelanggan. @boy