Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE JATIM RAYA

Pembobol Kredit BRI Otaki Sindikat Surat Palsu 

LENSAINDONESIA.COM: Terkait penangkapan 3 pelaku pemalsuan surat-surat berupa, KSK, KTP dan Akte Kelahiran oleh unit kejahatan umum (Jatanum) Polrestabes Surabaya. Rupanya, Hery Kojang yang menjadi otak pelaku kejahatan adalah tersangka yang pernah terlibat dalam pemalsuan kredit palsu Bank BRI senilai hampir  Rp 1,5 miliar.

“Hery Kojang ini pemain lama dan dulu pernah terlibat kasus kredit palsu di Bank BRI yang tertangkap sekitar 2 tahun lalu,” papar Iptu MS. Fery, Kanit Jatanum Polrestabes Surabaya, Selasa (12/2/2013).

Dijelaskannya, dalam aksinya ini Hery tidak sendirian. Sebagai otak, Hery mempekerjakan dua orang bawahannya yakni Sugiono yang bertindak sebagai operator komputer di tempat kerjanya daerah Kalibader, Kalijaten Sidoarjo dan Moedjono (40), tukang kebun di Dispenduk Kota Mojokerto yang menyediakan blangko kosongan seharga Rp. 3000, dari gudang Dispenduk kota Mojokerto.

“Hery juga mempekerjakan Sugiono yang diongkosi Rp 100.000- Rp 200.000. Sedangkan, Moedjiono untuk per lembar blangko aslinya dibeli Rp 3000. Setelah terisi data lengkap dihargai Rp 150.000,” imbuh Fery.

Seperti diberitakan sebelumnya, sindikat pemalsuan surat-surat palsu, berhasil diringkus jajaran unit kejahatan umum (Jatanum) Polrestabes Surabaya. Masing-masing, Sugiono (40) warga wonocolo, Surabaya, Heri Santosa alias Heri Kojang (46) warga Desa Sambiasri, Taman, Sepanjang, Sidoarjo dan Moedjono (40), tukang kebun Dispenduk Mojokerto, asal Kangkungan Kemantren, Nggedek Mojokerto.

Barang bukti yang berhasil disita berupa 7 set surat-surat palsu yang sudah cetak, 1 perangkat alat produksi berupa komputer, printer dan scanner dan 500 lembar blangko dokumen asli kosongan.

Atas perbuatannya ketiga tersangka dikenakan perkara tindak pidana sesuai dalam pasal 266 (1) Jo 264 (1) KUHP ancaman hukuman penjara 1 tahun penjara. @rakhman_k