Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
HEADLINE DEMOKRASI

Dagelan Politik Ala Eggi Sudjana 

LENSAINDONESIA.COM: Maju lewat jalur independen bukanlah jaminan bisa menang dalam pemilihan kepala daerah. Apalagi untuk daerah yang wilayahnya sangat luas seperti Jawa Timur.

Demikian disampaikan analis politik Point Indonesia Karel Harto Susetyo kepada LICOM, Rabu (13/2/2013).

“Acara perkenalan balongub independen Eggi Sudjana di pesantren Lirboyo pada selasa malam gagal total. Estimasi setidaknya 3000 orang yang hadir dan memberikan dukungan berupa KTP-nya kepada Eggi, hanya dihadiri 20 orang saja. Tentu ini menunjukan maju lewat jalur independen bukanlah hal mudah,” katanya.

Apalagi provinsi sebesar Jatim, dengan wilayahnya yang luas dan penduduknya yang besar. Bukan sekedar niat saja, tapi popularitas, elektabilitas plus jaringan yang luas harus menjadi modal sosialnya harus dimiliki calon kepala daerah.

“Selain iti, hal lain yang juga harus dimiliki adalah modal kapital yang besar. Kalau sekedar jadi cagub independen hanya asal tampil, itu sih dagelan politik namanya. Ingat yang bertanding di Jatim adalah kelas gajah, jangan sampai masuk gelanggang hanya modal semangat saja,” tambahnya lagi.

Jelas, sambung Karel, cagub independen bukanlah saingan untuk incumbent Karsa. bahkan, Karsa ibarat sudah menang sebelum bertanding. @ari

Baca Juga:  125 pelanggan IndiHome ini masing-masing dapat Rp 10 juta, caranya?