LENSAINDONESIA.COM: Setelah KarSa (Soekarwo-Saifullah Yusuf) mendeklarasikan diri sebagai pasangan Cagub dan Cawagub Jatim pada 9 Februari lalu, kini mulai dinantikan siapakah calon lain yang bakal maju. Salah satu Cagub lain yang pasti bakal maju yakni Ketua PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa.

Namun saat ditanya kapan ia mendeklarasikan diri, dengan tersenyum ia menjawab jika deklarasi itu bukan prioritas. “Deklarasi itu hanya sebatas pengumuman resmi. Tapi, itu tak ada dalam prosedur ketentuan KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah),” katanya saat dikonfirmasi LICOM, Minggu (17/2).

Jadi, kata dia, deklarasi bukan hal penting yang harus segera dilakukan. “Yang penting saya berproses, melakukan penyapaan semaksimal mungkin. Deklarasi bukan starting poin dari proses pilgub,” ujar mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Presiden Gus Dur tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, deklarasi itu seperti halnya formalitas seperti orang mau nikah. “Deklarasi itu pengumuman formalnya, padahal media sudah mengumkan setiap hari,” tukasnya sembari tertawa.@sarifa