LENSAINDONESIA.COM: Trend penggunaan internet di Indonesia cukup meningkat secara signifikan. Kondisi ini diimbangi dengan perubahan mainset masyarakat yang mulai merambah ke bisnis online.

Salah seorang pelaku UKM eCommerce Specialist, Danton Prabawanto, mengatakan saat ini sekitar 55 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet. Dalam kondisi ini, perusahaan pelayanan telekomunikasi dan informasi berani memberikan program tarif murah menggunakan internet.

“Market internet sudah besar dan ini kesempatan tidak ada alasan untuk kita tidak memulai bisnis online,” tegasnya dalam Focus Group Discusion bersama pengusaha online di Surabaya, Selasa (26/2/2013).

Dijelaskan, bisnis online menjadi pertimbangan pembeli untuk memilih harga yang jauh lebih murah. Sebab, di negara kepulauan terbesar dunia yakni Indonesia, ada jenjang distribusi dimana harga barang ditambah ongkos kirim (ongkir) kurang dari harga lokal.

Menurut Danton, jika terus berkembang, mekanisme bisnis melalui resseler atau agen bisa jadi hangus. Ditegaskan, dari data tahun 2011 bisnis online di segment fashion masih laris manis, disusul perhiasan, tiket, buku. “Bahkan di Jakarta sudah ada event organizer yang promosinya menggunakan sistem online,” tandasnya. @Panjichuby_666