Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
EDUKASI

Upaya Kembangkan ICT Indonesia, Menkominfo Gandeng 4 PTN 

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Ir H Tifatul Sembiring hadir di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jumat (8/3), untuk memberikan kuliah umum ITS di Graha Sepuluh Nopember ITS. Kuliah umum bertajuk “Kreativitas di Bidang IT dan Peluang Ekonomi” ini diikuti ribuan mahasiswa ITS dan sejumlah pimpinan di lingkungan ITS.

Dalam kuliahnya, Tifatul menerangkan kondisi kekinian dari teknologi informasi di Indonesia. Karena itu, ia pun berharap seiring berjalannya waktu, Information and Communications Technology (ICT) di Indonesia akan semakin berkembang.

“Mari kita wujudkan Indonesia digital di tahun 2080,” ujar Tifatul menyemangati yang disambut tepukan tangan para peserta kuliah.

Menurut Tifatul, melalui IT Indonesia bisa semakin mengglobal nantinya. “Ini merupakan tantangan dan ancaman,” tegas mantan Presiden PKS ini. Karena itu, Tifatul menjelaskan perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, perguruan tinggi dan profesional dalam rangka pengembangan ICT.

Untuk itu pula, pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dengan ITS dan tiga PTN di Indonesia.

Ketiga PTN tersebut adalah Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, dan Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar. Penandatangan MoU ini terkait kerjasama pendidikan, penelitian, dan pengembangan di bidang komunikasi dan informasi. Ini merupakan perpanjangan dari MoU sebelumnya.

Beberapa kerjasama yang dilakukan meliputi pertukaran tenaga ahli, pendidikan dan pelatihan, serta pertukaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Bukan hanya itu, ITS dan Kemenkominfo juga turut bekerjasama dalam pengembangan sarana dan prasarana untuk pengembangan ICT di Indonesia.

“Berkat adanya MoU ini, sudah ada beberapa dosen yang melanjutkan studinya di luar negeri,” papar Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA. Pasalnya, Kemenkominfo juga telah menawarkan beasiswa kepada 250 orang per tahun di bidang informasi dan komunikasi.

Baca Juga:  Banyak yang tanya kenapa dibangun ruas-ruas tol lingkar Jakarta, ini jawaban Presiden Jokowi

Penandatanganan MoU yang berlaku selama tiga tahun tersebut, selain rektor ITS, juga dilakukan oleh Pembantu Rektor IV UNS Dr Widodo Muktiyo SE M Kom, Rektor USU Prof Syahril Pasaribu dan Wakil Rektor I Unhas Prof Dr Eng Dadang Ahmad Suriamiharja MEng.

Sebelum memberikan kuliah umum, Tifatul juga menyempatkan diri untuk berolahraga futsal terlebih dulu dengan para mahasiswa ITS di gedung futsal indoor di kampus ITS. Ini merupakan acara tambahan dalam kunjungan Menkominfo di kampus ITS.

Hal itu tak lepas dari hobi Tifatul yang gemar bermain futsal. Kebetulan juga, putra Tifatul yang menjadi mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ITS memiliki hobi yang sama. “Mungkin saja beliau juga ingin bermain futsal bersama putranya,” jelas Tri Yogi yang turut mendampingi.

Sementara untuk pertandingan futsalnya sendiri, tim Kemenkominfo tampak lebih superior dari mahasiswa ITS. Lebih dari lima gol bersarang ke gawang mahasiswa ITS. Sedangkan tim mahasiswa ITS hanya mampu membalas tak lebih dari tiga gol.

Penampilan menkominfo pun juga cukup mengesankan. Ia tampak sudah ahli mengocek si kulit bundar dan tak ragu untuk berduel dengan mahasiswa yang usianya jauh lebih muda dari dia. Alhasil, pria kelahiran Bukittinggi ini sukses menjadi pencetak gol terbanyak bagi timnya. “Empat gol saja cukup,” ucapnya merendah.@Ian Lensa