Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
AKTIVIS

Prihatin Kali Surabaya Kotor, Siswa SD Surati Gubernur Soekarwo 

LENSAINDONESIA.COM: Puluhan siswa sekolah dasar (SD) prihatin atas kondisi Kali Surabaya yang kotor akibat sampah dan sedimentasi hingga membuat warna air coklat keruh.

Para pelajar mengetahui kondisi tersebut setelah menyusuri Kali Surabaya dari Pintu Air Gunung Sari hingga wilayah Kec Jambangan, Minggu (17/03/2013).

Disepanjang perjalanan siswa mengobservasi kondisi sungai dan bantaran yang dilintasi selama perjananan sekitar 20 menit. Selama perjalanan mereka diberikan pengarahan dari LSM Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH) tentang kondisi air Kali Surabaya.

Ke 66 siswa dari beberapa SD, yakni SDN Ketintang III, SDN Bubutan VI, SDN Karah I, dan SD Lab Surabaya pun menuliskan surat keprihatinan mereka di selembar kertas yang ditujukan pada Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

“Dengan mengajak siswa SD menyusuri Kali Surabaya dan menuliskan surat untuk Pakde karwo, kami ingin memberikan pemahaman lingkungan agar anak-anak ikut menjaga kelestarian sungai dengan tak lagi membuang sampah di sungai,” kata Humas KLH, Afrizal pada LiCOM.

Banyak diantara mereka berkeluh kesah terkait kondisi sampah di permukaan air yang keruh dari sampah plastik, botol, dan pohon tumbang. Selain itu, ada beberapa dari mereka yang mengeluhkan kondisi banyaknya rumah dan pabrik di bantaran sungai.

Acara menulis surat untuk Gubernur itu serangkaian acara lomba dalam Peringatan Hari Air Sedunia yang akan diperingati pada 22 Maret mendatang. Dari pantauan LICOM, puluhan siswa SD itu ridak hanya berkeluh kesah atas kondisi sungai yang kotor, mereka juga memberikan saran dan masukan untuk Pakde Karwo (sapaan akrab Soekarwo).

Selain lomba menulis surat, pihak penyelenggarandari LSM KLH juga menggelar lomba mewarnai untuk peserta tingkat PAUD dan TK se Surabaya, yang digelar bersamaan dengan lomba menulis surat kepada Gubernur.@sarifa