LENSAINDONESIA.COM: Komisi E DPRD Jatim bakal melakukan pengawalan secara intens dalam pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) 2013 pada April mendatang. Dalam pengawalan itu, komisi yang membidangi pendidikan ini meminta Universitas Negeri Surabaya (Unesa) agar melakukan kerja secara maksimal.

Komisi E juga tak segan memanggil pihak kampus yang terpilih menjadi koordinator pengawas di tingkat perguruan tinggi jika kinerjanya kurang maksimal. “SK perguruan tinggi sudah turun dan kita tinggal melakukan pengawasan saja secara rutin. Biarkan Unesa yang bekerja dulu melaksanakan teknis pengawasan ketat di tingkat perguruan tinggi. Karena itu sudah menjadi tanggung jawabnya. Jangan dibawa dulu ke ranah politik nanti malah tambah kacau dan tidak fokus,” tandas Ketua Komisi E DPRD Jatim, Sugiri Sancoko, Jumat (22/3/2013).

Ia menegaskan, Komisi E juga akan melakukan monitoring dan pengawalan secara ketat. Khususnya saat pra pelaksanaan Unas dan saat ujian berlangsung. “Yang pasti kita meminta kepada panitia Unas di Jatim agar bekerja maksimal terutama antisipasi adanya kebocoran soal. Proses distribusi soal juga perlu dikawal ketat khususnya yang ada di daerah,” sambungnya. @Panjichuby_666