LENSAINDONESIA.COM: Heru Astryanto dan Diananda Choirunisa menjadi atlet terbaik 2012 versi Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jatim, yang akan digelar Senin (25/3) di Hall hotel Utami, Sidoarjo.

Atlet atletik dan panahan Jatim itu mengungguli nominasi lainnya dalam pemilihan atlet terbaik selama periode 2012 di Jatim. Dari data yang dikumpulkan penitia pelaksana (Panpel) Anugerah Olahraga 2012 Siwo PWI Jatim, para responden dari jurnalis olahraga di Jatim yang memilih Heru dan Diananda, jumlahnya paling banyak.

Heru dan Diananda mengungguli atlet lainnya yang masuk nominasi, seperti Diaz Kusumawardani (menembak), Serafi Anelis Unani (atletik), Sahurun (menembak), dan Diah Permatasari (anggar).

Heru terpilih menjadi yang terbaik, karena memiliki sederet prestasi yang moncer selama 2012. Dia merupakan peraih medali emas PON 2012 di Riau pada nomor 400 meter, 4×400 meter, 4×100 meter. Heru juga mencatat prestai bagus di tingkat Internasional, yakni menyebet medali emas 200 meter dan 4×400 meter pada ajang ASEAN University.

Sedangkan Diananda berhak menjadi atlet terbaik putri, menyusul cetatan pretasinya di PON 2012. Ia menyabet medali emas PON pada nomor recurve perorangan dan campuran. Atlet panahan masa depan Jatim ini juga merengkuh lima medali emas Kejurnas junior dan enam emas di Kejurnas antar PPLP.

Selain memilih atlet, Anugerah Olahraga Siwo PWI Jatim juga memilih pelatih, atlet muda berbakat dan berprestasi, induk organisasi olahraga, pembina, lembaga peduli olahraga, insan peduli olahraga dan lifetime achievement.

Lourina Henriette Maspaitella akhirnya terpilih menjadi pelatih terbaik Jatim. Pelatih atletik. Pelatih atletik Indonesia di SEA Geames 2013 Myanmar ini menyisihkan kandidat lainnya, seperti Maulan (menembak) dan Indra Sibarini (senam).

Ketua Siwo PWI Jatim Arif Sosiawan menjelaskan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi atlet, pelatih, pembina, insan dan lembaga olahraga yang sudah ikut mengharumkan nama Jatim melalui pentas Olahraga.

“Saya berharap, penghargaan ini bsia menambah motivasi untuk terus memajukan prestasi olahraga Jatim. Selama ini olahraga Jatim merupakan barometer nasional dan harus bisa dipertahankan,” jelas Arif Sosiawan.

Puncak acara Anugerah Olahraga 2012 Siwo PWI Jatim digelar di Hotel Utami Juanda, Sidoarjo, Senin (25/3/2013) malam. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Ny Nina Kirana Soekarwo hadir dan menyerahkan penghergaan kepada atlet terbaik.

Ketua panpel Anugerah Olahraga 2012 Siwo PWI Jatim, Fahrizal Arnas menambahkan, acara ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Penjaringan sudah dilakukan sejak Februari 2013 lalu dan poling disebar kepada jurnalis di Jatim. “Penjaringan dilakukan secara ketat dan didasarkan atas prestasi yang dicapai selama 2012,” ucap Rizal.

Anugerah Olahraga 2012 Siwo PWI Jatim:
1. Atlet putra terbaik: Diananda Choirunisa (panahan)
2. Atlet putri terbaik dan atlet muda berbakat: Diananda Choirunisa (panahan)
3. Pelatih terbaik: L Henriette Maspaitella (atletik)
4. Beregu terbaik: Tim Sepak Takraw
5. Atlet Muda Berprestasi: -Beriliant Deva Aspada (tenis lapangan)
  – Bintang Rasyid (catur)
  – Nova Oktavia (catur)
  – Gregorius (atletik)
6. Atlet Poluler:  Evan Dimas Darmono (sepak bola)
7. Induk Organisasi Olahraga Terbaik: 1. Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Jatim
  2. Perbakin Jatim
8. Pembina Olahraga Terbaik: 1. Bambang Haryo (Tarung Drajat)
  2. Abdul Chodir (Bulu Tangkis)
  3. Henky Kurniadi (Catur)
  4. Roesdiarno (Menembak)
  5. Deny Triyannto (Panahan)
  6. Diana Wuisan (Tenis Meja)
  7. Achsanul Qosasi (Persepam Madura United)
  8. Hasan Aminudin (Atletik)
9. Instansi Peduli Olahraga: 1. SMA Negeri Olahraga Jatim
  2. Badan Diklat Jatim
  3. Perum Pegadaian
10. Insan Peduli Olahraga: 1. Kapolres Tanjung Perak AKBP Anom Wibowo
  2. Marzuki Rofii (Tenis Meja)
  3. Tommy Hindawan Tanadi
  4. Lilik Indriyanto
11. Ibu’e Arek Siwo PWI Jatim: 1. Nina Karina Soekarwo
12. Lifetime Achievement:  1. Alm Suwignyo (Mantan K Harian KONI Jatim)