LENSAINDONESIA.COM: Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mengatakan, hal mendesak yang harus dilakukan Kapolri Jenderal Timur Pradopo adalah menata ulang posisi-posisi jabatan strategis di Polri.

Kapolda yang tidak becus kinerjanya harus segera dicopot dan diganti dengan kader yang lebih berintegritas.

“Timur perlu pula mempersiapkan kader-kader pengganti Irwasum, Kabaintelkam dan Wakapolri yang akan pensiun,” saran Neta, Kamis (11/04/13).

Setelah itu, lanjutnya, Timur Pradopo juga harus mempersiapkan kader-kader calon pengganti dirinya yang pensiun pada Januari 2014.

“Proses ini yang lebih utama harus dilakukan di Polri ketimbang mengganti Kapolri hanya karena kepentingan kekuatan politik tertentu yang cenderung mengintervensi,” tandas Neta.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo untuk mengevaluasi kinerja Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko.

Ini sesuai dengan Perpres 17/2011 tentang fungsi Kompolnas, yakni melakukan pemantauan, penilaian dan pengawasan terhadap kinerja dan integritas anggota maupun pejabat Polri.

Anggota Kompolnas, M Nasser mengatakan, pihaknya mendesak Kapolri untuk segera mencopot Kapolda Jatim, karena ada indikasi sebagai pejabat Polri yang tidak ingin diawasi.

Di sisi lain, desakan penggantian Kapolri juga menguat. Namun Neta meminta Presiden SBY tak perlu terpengaruh manuver itu dan tidak perlu buru-buru mengganti Timur Pradopo. Menurutnya, tak ada jaminan calon pengganti Kapolri saat ini akan lebih baik.@fahmi