LENSAINDONESIA.COM: Artis dangdut Ayu Soraya didapuk jadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPD PAPPRI) DKI Jakarta. Ini merupakan kemenangan besar bagi insan dangdut Indonesia yang sekian lama kepengurusan DPP PAPPRI DKI Jakarta dijabat insan musik pop.

Tantowi Yahya, Ketua Umum DPP PAPPRI Pusat, mengatakan terdapat tiga poin penting atas pelantikan Ayu Soraya menjadi ketua DPP PAPPRI DKI Jakarta yang baru. Pertama, Ayu mengetuai DPP yang sangat strategis karena DKI Jakarta menjadi pusat kegiatan kesenian, pusat tempatnya seniman, bahkan 70 persen uang berputar di DKI Jakarta untuk segala profesi termasuk seniman.

Kedua, pengangkatan Ayu sebagai makna kemenangan insan dangdut karena baru pertama kali ini dangdut menduduki posisi penting di DPD PAPPRI DKI Jakarta. Dan ketiga, pengangkatan Ayu ini menunjukkan bahwa perempuan bisa menduduki posisi apa saja termasuk di PAPPRI.

“Terpilihnya Ayu Soraya murni dari anggota DPC dan DPD di wilayah Jakarta tanpa tekanan. Mereka lakukan observasi, kinerjanya Ayu gimana, prosesnya sangat demokratis. Ketika diumumkan Ayu sebagai ketua semuanya tidak ada yang menolak,” ujar Tantowi kepada LICOM di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Namun Tantowi meminta kepada kepengurusan yang Ayu pimpin untuk bersama-sama dengan Pemda DKI jakarta untuk memberantas pembajakan yang seolah-olah makin meluas dan tidak lagi sembunyi lagi menjual barang bajakannya baik di emperan toko hingga di mal.

“Data Asiri menunjukkan 90 persen produk bajakan beredar dimana-mana. Kita boleh bangga profesi seniman masih bisa hidup dengan yang 10 persen. Jumlah kerugian negara mencapai Rp 14 triliun setiap tahun, ini harusnya masuk kantong kita-kita ini, pencipta lagu, penyanyi,” terang Tantowi.

Sementara itu, Ayu Soraya usai dilantik sebagai ketua DPD PAPPRI DKI Jakarta yang baru mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada rekan-rekan seprofesinya yang telah mendukungnya. Dirinya mengaku pernah dua periode sebagai pengurus DPD PAPPRI DKI Jakarta saat kepemimpinan Dharma Oratmangun yang kini menjabat sebagai ketua dewan pembina.

“Saya ingin DPD PAPPRI DKI  Jakarta menjadi barometer keberhasilan DPP PAPPRI lainnya di seluruh Indonesia,” ungkap Ayu seraya menambahkan dirinya berencana mengadakan festival lagu-lagu Betawi sebagai program awal kepengurusannya. @Rudi