LENSAINDONESIA.COM: PB Surya Baja Surabaya menargetkan masuk babak delapan besar dalam Kejuaraan Bulutangkis Piala Walikota 2013, di GOR Sudirman Surabaya pada 4-9 Mei 2013. Optimisme itu disampaikan Ketua Umumnya, Abdul Qodir karena melihat materi pemain yang dimiliki.

Namun sekalipun bermain di kota sendiri, PB Surya Baja tak berani memasang target tinggi. Dipastikan, persaingan dalam even tingkat internasional yang rutin digelar setiap tahun ini akan semakin ketat. Bahkan kini, peserta dari Korea Selatan yang resmi mendaftar sudah mencapai 43 orang.

“Korea Selatan ingin mempertahankan gelar juara umum dengan mengirimkan atlet banyak,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengkot Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Surabaya ini.

Tantangan makin berat karena Jepang juga sudah mendaftarkan sekitar 40 atlet. “Jadi kalau target juara itu omong kosong. Kita sadar dengan materi pemain yang ada,” ungkap Abdul Qodir merendah.

Pelatih PB Surya Baja, Verawati Fajrin, menambahkan persiapan timnya dalam menyongsong Piala Walikota Surabaya 2013 terbilang singkat. Efektif hanya empat bulan, semenjak dirinya bergabung sebagai pelatih di PB Surya Baja pada Januari 2013. “Idealnya persiapan satu tahun. Empat bulan latihan fisik, dilanjutkan teknik dan sebagainya. Tapi saya akan mencoba melakukan persiapan dengan waktu yang ada,” terang Verawati.

PB Surya Baja sendiri akan menurunkan 30 atlet semua kategori. Yakni kategori pemula, taruna dan dewasa. Hanya saja, ada beberapa atlet yang bermain dikategori berbeda dengan kejuaraan sebelumnya. Seperti Agi yang akan mulai bermain di kategori dewasa.

Sementara itu, pebulutangkis terbaik Tanah Air yang sekarang bernaung di progam Pelatihan Nasional (Pelatnas) dipastikan absen dalam Piala Walikota Surabaya 2013. Ini dikarenakan para atlet Pelatnas disiapkan mengikuti kejuaraan lain, yang jadwalnya bersamaan dengan gelaran Piala Walikota Surabaya 2013.

“Kami dapat informasi dari pak Eddy Sabarudin (Kepala Subbidang Turnamen dan Perwasitan PB PBSI) bahwa tahun ini Pelatnas tidak mengirimkan pemain,” ujar Sekretaris Panitia Kejuaraan Piala Wali Kota Surabaya 2013, Wayan Parna Setiawan. @angga_perkasa